Indikator Bahan Bakar Tidak Akurat, Jangan Bingung Ini Penyebabnya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

3 Mei 2024 20:10 3 Mei 2024 20:10

Thumbnail Indikator Bahan Bakar Tidak Akurat, Jangan Bingung Ini Penyebabnya Watermark Ketik
Ilustrasi mobil sedang mengisi bahan bakar. (Foto: Husni Habib / Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Pernahkah anda ketika sedang dalam perjalanan dengan menggunakan mobil anda melihat indikator BBM masih bisa dibilang cukup, namun ternyata tiba-tiba mobil mogok di tengah perjalanan karena kehabisan bahan bakar.

Kondisi ini tentu saja membingungkan dan terasa menyebalkan ketika mendapati jika indikator bahan bakar mobil ternyata tidak akurat. Menurut situs resmi Daihatsu, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan indikator bensin mobil tidak akurat, antara lain:

1. Aki Soak

Aki merupakan sumber energi listrik utama pada mobil. Jika aki soak, komponen kelistrikan mobil, termasuk indikator bensin, tidak akan berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan indikator bensin menunjukkan data yang tidak akurat.

2. Speedometer Rusak

Speedometer dan indikator bensin saling terkait. Kerusakan pada speedometer dapat mengganggu kinerja indikator bensin, sehingga data yang dihasilkan tidak akurat.

3. Tangki Bensin Rusak

Tangki bensin yang berkarat, bocor, atau penyok dapat menyebabkan sensor bensin tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, indikator bensin tidak dapat menunjukkan data yang akurat.

4. Sering Telat Mengisi Bahan Bakar

Telat mengisi bahan bakar ternyata dapat mengganggu kinerja sensor bensin. Hal ini disebabkan karena uap air di dalam tangki bensin dapat membuat tangki berkarat dan menyebabkan indikator bensin tidak akurat.

5. Pelampung Bensin Rusak

Pelampung bensin berfungsi untuk mendeteksi ketinggian bahan bakar di dalam tangki. Jika pelampung bensin rusak, indikator bensin tidak akan menunjukkan data yang akurat.

6. Fuel Sensor Rusak

Fuel sensor adalah komponen yang mendeteksi tekanan bahan bakar di dalam tangki. Jika fuel sensor rusak, data yang disampaikan ke indikator bensin tidak akan akurat.(*)

Tags:

otomotif mobil Indikator bensin BBM Sensor Pelampung bensin
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1