Ingin Roti Tahan Lama? Gunakan Tips Menyimpan Roti Sesuai Jenisnya Seperti Berikut

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

10 April 2024 08:00 10 Apr 2024 08:00

Thumbnail Ingin Roti Tahan Lama? Gunakan Tips Menyimpan Roti Sesuai Jenisnya Seperti Berikut Watermark Ketik
Ilustrasi aneka macam roti. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Roti merupakan salah satu makanan yang seringkali hadir di atas meja makan. Termasuk di masa lebaran seperti saat ini.

Selain itu roti juga merupakan salah satu makanan pokok pengganti nasi yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Roti sendiri memiliki beragam jenis mulai dari yang manis hingga gurih. Akan tetapi salah satu kelemahan roti adalah mudah terkena jamur jika tidak disimpan dengan baik. Apalagi di Indonesia yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi akan membuat jamur mudah sekali tumbuh.

Oleh sebab itu berikut ini kami ulas beragam tips bagaimana cara menyimpan roti sesuai dengan jenisnya.

1. Roti Putih

Untuk roti putih penyimpanan yang benar adalah dengan memasukkannya ke dalam kotak roti yang memiliki lubang ventilasi. Tujuan dari lubang ini adalah agar roti bisa mendapatkan udara yang cukup agar tidak muda basi. 

Sebaiknya hindari menyimpan roti ini di dalam lemari es, lantaran hal ini malah membuat roti menjadi lebih cepat basi. Jika mau dibekukan, bisa membekukan roti dalam aluminium foil atau plastik.

2. Roti coklat

Berbeda jenis roti tentu saja berbeda jenis penanganannya. Jika roti putih tidak boleh disimpan dalam kulkas agar tidak cepat basi, untuk roti coklat justru dianjurkan menyimpan di dalam lemari es. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesegarannya. 

Hal ini dikarenakan roti coklat memiliki kandungan lemak dan gula yang lebih tinggi daripada roti putih. Lemak dan gula ini membantu roti coklat menahan kelembapan dan mencegahnya menjadi kering saat disimpan di kulkas.

3. Roti multigrain

Roti multigrain merupakan roti yang mengandung banyak biji bijian. Roti ini termasuk roti yang sehat karena kandungan nutrisinya lebih lengkap dan beragam, selain itu roti ini juga memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan.

Roti ini sebaiknya disimpan di wadah tertutup, dan disimpan di lemari es seperti roti coklat. Simpan dalam kemasan aslinya atau wadah tertutup rapat agar tidak kering.

4. Roti homemade

Roti homemade merupakan roti hasil buatan rumah. Untuk menyimpan roti ini hal yanv harus diperhatikan adalah biarkan terlebih dahulu agar suhunya menjadi dingin. Dikarenakan jika masih hangat berarti kandungan uap airnya masih tinggi dan jika disimpan akan membuat roti menjadi lebih lembek.

Setelah dingin bungkus roti dengan menggunakan plastik wrap atau aluminium foil setelah itu roti bisa disimpan di suhu ruangan selama 2-3 hari, atau dibekukan jika ingin lebih lama disimpan.(*)

Tags:

Kuliner Hidangan menyimpan roti roti putih roti coklat roti multigrain roti homemade
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1