Lahir di 6 Juni, Berikut Profil Singkat Presiden RI Pertama Ir Sukarno

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

6 Juni 2024 10:21 6 Jun 2024 10:21

Thumbnail Lahir di 6 Juni, Berikut Profil Singkat Presiden RI Pertama Ir Sukarno Watermark Ketik
Presiden Ir Sukarno. (Foto: SSDEC Media)

KETIK, SURABAYA – Tanggal 6 Juni diperingati sebagai hari lahir Ir. Sukarno, proklamator dan presiden pertama Indonesia. Bapak dari Presiden Megawati ini lahir pada 6 Juni 1901 dan wafat pada 21 Juni 1970.

Sukarno dikenal sebagai tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda.

Sebagai presiden pertama, dia berperan dalam membangun fondasi negara baru dan menginisiasi kebijakan-kebijakan yang membentuk dasar negara Indonesia.

Sukarno juga dikenal karena kharismanya dan kebijakan politiknya yang seringkali kontroversial.

Peran Ir Sukarno pada Kemerdekaan Indonesia

Ir. Sukarno memainkan peran kunci dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, Sukarno bersama dengan Mohammad Hatta menyatakan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda.

Dia juga memimpin perjuangan diplomatik untuk mendapatkan pengakuan internasional atas kemerdekaan Indonesia.

Selama masa perang kemerdekaan, Sukarno memainkan peran penting dalam mempertahankan semangat dan kesatuan nasional bangsa Indonesia.

Kharisma dan kepemimpinannya membantu mempersatukan berbagai kelompok dan suku di Indonesia dalam perjuangan bersama menuju kemerdekaan.

Sukarno di Mata Dunia

Presiden Sukarno dianggap sebagai salah satu pemimpin yang kharismatik dan berpengaruh di mata dunia.

Dia memainkan peran penting dalam gerakan kemerdekaan di Asia dan Afrika, serta menjadi salah satu pendiri Gerakan Non-Blok.

Selama masa kepemimpinannya, Sukarno sering kali menjadi perhatian dunia internasional karena kebijakan politiknya yang kontroversial dan sikap anti-imperialisnya.

Meskipun terdapat beragam pandangan tentang kebijakan dan gaya kepemimpinannya, banyak yang menghormati peran Sukarno dalam memimpin Indonesia ke dalam era kemerdekaan dan menciptakan identitas nasional yang kuat. (*)

Tags:

Ir Soekarno profil Ir Soekarno peran Ir Soekarno kemerdekaan Indonesia SOEKARNO proklamator 6 Juni SUKARNO Bulan Bung Karno
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1