Libur Lebaran Nafsu Makan Sering Tak Terkontrol, Ini 4 Tips Agar Perut Anti Buncit

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

10 April 2024 05:00 10 Apr 2024 05:00

Thumbnail Libur Lebaran Nafsu Makan Sering Tak Terkontrol, Ini 4 Tips Agar Perut Anti Buncit Watermark Ketik
Ilutrasi perut buncit (ilutrasi: Suara.com)

KETIK, SURABAYA – Berpenampilan menarik menjadi idaman pria maupun wanita. Tapi, perut buncit kerap menjadi salah satu masalah. Apalagi nafsu makan sering tak terkontrol saat lebaran karena banyak makanan lezat yang dihidangkan.

Ketik.co.id merangkum empat cara untuk mengecilkan perut dengan cepat. Syaratnya, kamu harus disiplin dan menerapkan pola hidup sehat.

Caranya tidak hanya dari jenis latihan spesifik yang sudah disebutkan di daftar ini. Melainkan juga pola makan, jam makan dan hal lainnya. Simak informasinya di bawah ini!

1. Kendalikan asupan makanan

Fokuslah pada pola makan yang seimbang dan rendah kalori. Kurangi konsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan karbohidrat olahan.

Sebaiknya pilih makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Makan dalam porsi kecil tapi sering, hal ini dapat membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan metabolisme.

2. Hindari makan di atas jam 8 malam

Makan di malam hari, terutama makanan berat dan tinggi kalori, cenderung tidak digunakan secara efisien oleh tubuh, karena tingkat aktivitas fisik yang rendah pada malam hari.

Konsumsi kalori berlebih pada malam hari dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan. Kalau merasa lapar, kamu bisa mengemil buah melon.

Informasi mengenai buah berwarna hijau ini bisa dibaca di Kaya Nutrisi, Ini 11 Manfaat Buah Melon Jika Dikonsumsi Rutin.

3. Lakukan latihan kardio

Aktivitas kardiovaskular seperti berlari, bersepeda, atau berenang dapat membantu membakar lemak di perut. Upayakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dalam satu minggu.

Jika memungkinkan, tambahkan juga latihan interval yang intensitasnya meningkat secara bertahap untuk mempercepat pembakaran lemak.

4. Kombinasi dengan latihan kekuatan

Latihan kekuatan seperti sit-up, plank, atau crunches dapat membantu memperkuat otot perut dan membuatnya terlihat lebih kencang.

Latihan ini juga dapat membantu membakar lemak secara lebih efektif. Luangkan waktu beberapa kali dalam seminggu untuk melibatkan otot perut dalam rutinitas latihan kekuatan.

Selalu ingat, hasil yang signifikan dalam mengecilkan perut buncit tidak dapat dicapai dalam satu minggu.

Penting untuk mempertahankan pola hidup sehat jangka panjang, termasuk makan seimbang, berolahraga teratur, dan mengurangi stres, guna mencapai perut yang lebih rata dan kesehatan yang optimal. Jadi, bersabarlah dan teruslah berusaha!

Muay Thai adalah rekomendasi olahraga lain untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badan.

Dengan usaha ini semoga perut kamu tidak buncit meski menyantap berbagai makanan di masa lebaran ya. (*)

Tags:

Cara kecilkan perut buncit Buncit Perut buncit lebaran kesehatan