Long Weekend, Okupansi Homestay di Kota Batu Naik 100 Persen

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

12 Mei 2024 11:40 12 Mei 2024 11:40

Thumbnail Long Weekend, Okupansi Homestay di Kota Batu Naik 100 Persen Watermark Ketik
Salah satu homestay yang ada di Desa Oro Oro Ombo Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Libur panjang akhir pekan atau long weekend menjadi berkah bagi dunia pariwisata di Kota Batu Jawa Timur. Tak terkecuali homestay yang mengalami lonjakan okupansi hingga 100 persen.

Libur akhir pekan yang dimulai sejak Rabu (8/5/2024) hingga Minggu (12/5/2024) membuat Kota Wisata Batu kembali dikunjungi ribuan wisatawan setelah libur lebaran.

Ketua Indonesia Home Stay Association (IHSA) Kota Batu, Natalina mengatakan, berdasarkan data yang didapat dari homestay dan guest house bahwa saat ini hampir terisi semua.

"Memang konsep antara homestay juga guest house berbeda dengan hotel. Kalau rombongan keluarga biasanya memang memilih homestay untuk menginap," Kata Natalina, Minggu (12/5/2024).

Menurut Natalina, konsep homestay selayaknya tempat tinggal sehingga tamu merasakan seperti di rumah sendiri. Tamu yang menginap di homestay atau guest house bisa bebas beraktifitas. 

Salah satunya menikmati kolam renang dan memasak masakan. Tamu juga bisa langsung berinteraksi dengan pemilik homestay. 

"ini berbeda dengan hotel. Manakala ingin fasilitas lain by order atau masih ada tarifnya lagi," jelasnya.

Natalina menilai, ramainya homestay dan guest house tersebut karena kebanyakan homestay atau guest house berada di lingkungan pertanian maupun pegunungan yang menyuguhkan pemandangan alam Kota Batu yang cantik.  

"Hal ini juga pengaruh dari wisata desa yang kerjasama dengan jasa penjualan online untuk meningkatkan penjualan," pungkasnya.(*)

Tags:

Kota Batu Homestay Libur Panjang Akhir Pekan Guest house Indonesia Home Stay Association (IHSA) Kota Batu