Pemkot Mojokerto Gelar Spirit of Majapahit (SOMA) Nite Run

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

1 Mei 2024 12:30 1 Mei 2024 12:30

Thumbnail Pemkot Mojokerto Gelar Spirit of Majapahit (SOMA) Nite Run Watermark Ketik
Kadispora Jatim sekaligus Pj Wali Kota Mojokerto M Ali Kuncoro, Rabu (1/5/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah kota (Pemkot) Mojokerto ingin mengenalkan sejarah Majapahit dengan menggelar Spirit of Majapahit (SOMA) Nite Run yang akan digelar Sabtu (4/5/2024).

Mengambil titik start dan finish di Alun-Alun Kota Mojokerto, kegiatan yang khusus digelar Pemkot Mojokerto bersama Dispora Provinsi Jawa Timur ini akan mengumpulkan 5.000 peserta fun nite run dengan diramaikan berbagai macam acara hiburan.

“Warga Kota Mojokerto yang kami cintai, monggo bersama-sama meramaikan kegiatan SOMA Nite Run. Ini adalah kegiatan yang sengaja kita gagas dengan mengangkat semangat menelusuri jejak-jejak sejarah Kota Mojokerto dengan berlari. Keunikan rutenya menampilkan bangunan bersejarah dan peninggalan budaya,” kata Pj Wali Kota Mojokerto M Ali Kuncoro, Selasa (1/5/2024).

Ali menegaskan para peserta SOMA Nite Run juga akan diajak merasakan pengalaman berpetualang yang menarik karena di sepanjang perjalanan disambut keramahan penduduk setempat yang menjadi ciri khas kota Mojokerto.

Lebih lanjut, Mas Pj Wali Ali Kuncoro yang juga Kepala Dispora Jawa Timur ini kemudian menjelaskan SOMA Nite Run ini menyediakan dua rute yaitu rute 5 kilometer (5K) dan juga 10 kilometer (10K).

Para peserta bisa mendaftar sesuai dengan rute yang diinginkan dengan menyesuaikan kekuatan dan kemampuan diri.

Untuk rute 5K akan menempuh rute Alun-Alun Kota Mojokerto – Jalan Hasyim Ashari – Simpang PMI – Jalan Hayam Wuruk – Jalan Gajah Mada Sisi Barat – Jalan Taman Siswa – Jalan Letkol Soemardjo – Jalan WR Soepratman – Jalan Mojopahit – Jalan KH Wahid Hasyim – Jalan Brawijaya – Jalan Kartini – Jalan Mojopahit – dan Finish Alun Alun Kota Mojokerto.

Sedangkan untuk rute 10K akan menempuh rute Alun-Alun Kota Mojokerto – Jalan Hasyim Ashari – Simpang PMI – Jalan Hayam Wuruk – Jalan Mayjend Sungkono – Jalan Jati Kulon – Jalan Raya Ijen – Jalan Ronggolawe – Jalan Pepaya – Jalan Durian – Jalan Sawunggaling – Jalan Gajah Mada sisi barat – Jalan Taman Siswa – jalan Letkol Soemardjo – jalan WR Soepratman – Jalan Mojopahit – Jalan KH Wahid Hasyim – Jalan Brawijaya – Jalan Kartini – Jalan Mojopahit – Finish Alun-Alun Kota Mojokerto.

“Seluruh rute yang ada sudah kita koordinasikan dengan Satlantas Polres Mojokerto Kota sekaligus untuk penyiapan rekayasa lalu lintasnya. Agar meski ada kegiatan SOMA Nite Run, lalu lintas di Kota Mojokerto tidak terganggu,” tegas Mas Pj.

Tak hanya itu, Mas Pj juga memastikan kegiatan ini tidak fokus untuk kegiatan bagi penyuka olahraga lari saja. Namun SOMA Nite Run ini juga bakal diramaikan dengan sejumlah kegiatan hiburan yang menarik.

Seperti menghadirkan cheerleader, Eternal DJ Perform, dan juga VIP Guest Star yaitu Gildoqoustic serta juga akan diramaikan dengan pesta kembang api.

Bagi yang berminat mengikuti SOMA Nite Run, Mas Pj Wali Ali Kuncoro mempersilahkan masayarakat untuk segera mendaftar melalui online maupun offline.

Untuk pendaftaran secara online bisa dilakukan melalui website https://disporajatim.com/somaniterun. Atau bisa juga melakukan pendaftaran secara offline dengan mendaftar langsung ke Kantor Dispora Jawa Timur di Jalan Kayoon Kota Surabaya.

Para pendaftar cukup membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 85.000 dan berhak mendapatkan fasilitas medali, asuransi, e-sertifikat, jersey SOMA Nite Run, dan juga mendapatkan glow stick. Bahkan para finisher juga akan mendapatkan ekslusif medal dari panitia.

“Mari semarakkan SOMA Nite Run dan rasakan pengalaman baru mengikut SOMA Nite Run dengan menggaungkan Spirit of Mojopahit Kota Mojokerto. Pasti Seru Pasti Asyik. Sampai jumlah di tempat acara,” pungkas Mas Pj Wali Ali Kuncoro.(*)

Tags:

SOMA Spirit of Majapahit Mojokerto Mjapahit M Ali Kuncoro sejarah Majapahit