Arembeg Sareng Pj Bupati Bondowoso, Petani di Binakal Keluhkan Susahnya Air dan Pupuk

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Muhammad Faizin

6 Mei 2024 07:40 6 Mei 2024 07:40

Thumbnail Arembeg Sareng Pj Bupati Bondowoso, Petani di Binakal Keluhkan Susahnya Air dan Pupuk Watermark Ketik
Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto (Menggunakan topi) bersama Pj Sekda Haeriyah Yuliati (kiri) saat berdialog langsung dengan para petani di Desa/Kecamatan Binakal (Foto: Ari Pangistu/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pertanian setempat menggelar acara Beg Rembeg Sareng (Berembug Bersama, red) Pj Bupati, di Desa/Kecamatan Binakal, Senin (6/5/2024). 

Dalam acara tersebut, para petani, penyuluh pertanian, hingga perangkat desa di wilayah itu menyampaikan langsung keluhan-keluhan. 

Forum tersebut dimanfaatkan sejumlah warga untuk menyampaikan keluhan tentang sulitnya pupuk dan air. 

Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto menjelaskan, dirinya sengaja menggelar kegiatan itu sebagai upaya menyerap aspirasi langsung dari pelaku pertanian di bawah. 

" Kami berdiskusi apa saja yang menjadi kebutuhan dari para petani maupun kelompok, " jelasnya. 

Dengan harapan, pemerintah bisa langsung mengetahui kebutuhan petani di bawah. Hal tersebut menjadi penting karena dirinya tahu betul bahwa petani merupakan ujung tombak dalam mewujudkan swasembada pangan. 

Disinggung perihal kebutuhan air dan pupuk oleh petani. Bambang menegaskan bahwa sebenarnya ketersediaan air untuk pengairan sawah masih mencukupi. Hanya saja yang perlu diperbaiki adalah saluran tersier yang mengalami kerusakan.

" Insyaallah tahun ini akan kami perbaiki, " katanya. 

Sementara terkait pupuk, yang menjadi pekerjaan rumah adalah bagaimana proses pendistribusian dan administrasi seperti daftar e-RDKK ( elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok).

" Menurut Kepala Dinas Pertanian aplikasinya akan dibuka setiap 3 bulan sekali," pungkasnya. (*) 

Tags:

Bondowoso Pj Bupati Bondowoso Bambang soekwanto Petani bondowoso Haeriyah Yuliati Kelangkaan pupuk Beg Rembeg Sareng
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1