Badko HMI Jatim Dilantik, Paparkan 8 Ide Pokok

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

16 Agustus 2024 13:00 16 Agt 2024 13:00

Thumbnail Badko HMI Jatim Dilantik, Paparkan 8 Ide Pokok Watermark Ketik
Pelantikan Badko HMI Jatim dilakukan Ketum PB HMI, Jumat (16/8/2024). (Foto: humas HMI Jatim)

KETIK, SURABAYA – Pengurus Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Timur Periode 2024-2026 telah resmi dilantik Ketua Umum Bagas Kurniawan dan Sekjen PB HMI Jusrianto. Dalam pelantikan yang digelar di Gedung Candra Wilwatikta Pandaan, Pasuruan sedikit berbeda dengan mengenakan jas, kemeja putih dan menggunakan sarung.

"Ide mengenakan busana seperti ini bermula saat kami diundang acara nonton bareng film Lafran Pane di Mojokerto. Di film itu ditayangkan bagaimana kerasnya pertarungan pemikiran umat Islam dalam hal busana,"kata Ketua pelaksana pelantikan, Satria Tauhid Arsiza saat dihubungi, Jumat (16/8/2024).

Sementara itu, Ketua Umum Badko HMI Jatim M.Yusfan Firdaus, mengatakan, ada 8 pokok ide dan pikiran yang akan menjadi sebuah gerakan HMI Jatim. Dengan ide dan pikiran bisa terlaksana tanpa adanya konsolidasi yang masif, serta soliditas yang aktif dari seluruh pengurus, alumni dan kader HMI.

"Pertama, mengawal dan membentuk cabang-cabang di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur. Kedua, soal Pengkaderan. Ada anggapan selama ini kalau pengkaderan HMI di Jatim sedang mengalami stagnasi," kata Yusfan.

Yusfan menerangkan HMI Jatim juga akan membuat gerakan inkubasi wirausaha kader. Berdasarkan penulusurannya, ada sekitar 238 kader HMI Jatim yang telah memiliki usaha.

"Mereka ini kan butuh support dan dorongan dari alumni HMI yang telah lebih dulu terjun ke dunia bisnis dan usaha,"ujarnya. Menurut Yusfan, sudah saatnya bagi kader HMI untuk memiliki kesadaran ekonomi mandiri.

Empat pokok pikiran lainnya, tambah Yusfan, adalah gerakan yang fokusnya bergerak dan berorientasi eksternal. Di antaranya terkait dengan masih adanya tambang-tambang ilegal yang beroperasi di Jawa Timur, gerakan zero lokalisasi, peredaran rokok ilegal, serta memberantas mafia tanah

"Untuk empat gerakan eksternal ini, Badko HMI Jawa Timur siap untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait dan segenap stakeholder yang ada di Jawa Timur," tutup Yusfan. (*)

Tombol Google News

Tags:

HMI Jatim Himpunan Mahasiswa Islam Jawa timur Pelatikan Badko HMI Jatim