Banner Ketua Bawaslu Kota Malang Beri Selamat ke Politisi PDIP Beredar, Begini Klarifikasinya

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

3 September 2024 02:19 3 Sep 2024 02:19

Thumbnail Banner Ketua Bawaslu Kota Malang Beri Selamat ke Politisi PDIP Beredar, Begini Klarifikasinya Watermark Ketik
Banner Ketua Bawaslu Kota Malang yang memberikan selamat kepada Anggota DPRD Jatim dan Politsi PDIP Sri Untari. (Foto: Tangkapan Layar WhatsApp)

KETIK, MALANG – Banner ucapan selamat atas pelantikan Politisi PDIP Sri Untari sebagai Anggota DPRD Jatim dari Ketua Bawaslu Kota Malang Mochamad Arifudin beredar di media sosial. Beredarnya banner tersebut menjadi sorotan.

Banner itu menyulut perhatian sebab mencantumkan logo milik Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Ketua Bawaslu Kota Malang Mochamad Arifudin turut menanggapi dan mengaku tak menahu terhadap poster tersebut.

"Saya tidak pernah membuat poster tersebut," ucapnya saat dikonfirmasi Ketik.co.id melalui sambungan telefon, Senin, 2 September 2024 malam.

Pasalnya berdasarkan Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum RI nomor 2 tahun 2017 telah mengatur terkait pedoman dan kode etik dalam penyelenggaraan pemilu. 

Dalam pasal 6 dijelaskan bahwa Bawaslu tak hanya diminta untuk netral. Namun juga tidak memakai, membawa, dan mengenakan simbol, lambang, atau atribut yang menunjukkan partisipan terhadap partai politik maupun peserta pemilu.

"Saya juga paham aturan. Saya akan hubungi dan konfirmasi ke timnya, kenapa bisa ada foto saya. Karena kan foto saya juga banyak tersebar, ada di profil Bawaslu Kota Malang juga," lanjutnya.

Saat mencoba konfirmasi kepada Sri Untari, Ketik.co.id hingga kini belum memberikan konfirmasi terhadap pencatutan foto Ketua Bawaslu Kota Malang tersebut. Namun dari informasi yang beredar, unggahan story tersebut telah dihapus oleh Sri Untari.

Sementara itu, Yulian Adi Kurniawan selaku Humas Bawaslu Kota Malang menegaskan bahwa hingga kini pihaknya belum pernah mengeluarkan ucapan yang mengerucut pada salah satu peserta pemilu. 

"Ucapan yang kita berikan sebatas seperti kemarin saat pelantikan DPRD Kota Malang, kita tidak pernah mengerucut pada salah satu anggota DPRD," ucapnya.

Peristiwa tersebut menjadi catatan bagi Bawaslu Kota Malang untuk berhati-hati. Terlebih dalam era digital saat ini foto seseorang dapat ditemukan dan diedit dengan mudah.

"Perlu diklarifikasi sumbernya karena poster seperti itu kita tidak tahu siapa yang mengedit. Di era digital semua orang bisa bikin sendiri. Bawaslu Kota Malang tidak pernah menyampaikan ucapan kepada salah satu anggota DPRD secara khusus," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ketua Bawaslu Kota Malang Kota Malang Sri Untari PDIP DPRD Jatim