Berbahaya! Berikut Beberapa Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

2 September 2024 02:11 2 Sep 2024 02:11

Thumbnail Berbahaya! Berikut Beberapa Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat Watermark Ketik
Ilustrasi asam urat yang menyerang persendian lutut. (Foto: Siloam Hospital)

KETIK, JAKARTA – Pola makan tidak tepat dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Salah satu efek yang cukup sering muncul adalah asam urat. Penyakit ini adalah kondisi dimana tubuh mengalami rasa sakit, khususnya di persendian yang diakibatkan adanya penumpukan kristal asam urat.

Salah satu faktor terbesar seseorang terserang asam urat karena sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin tinggi. Kandungan purin ini ketika dipecah oleh tubuh akan menghasilkan asam urat.

Oleh sebab itu penting bagi anda untuk memperhatikan makanan yang perlu dihindari atau dikonsumsi terbatas bagi penderita asam urat.

1. Daging merah

Bagi penderita asam urat perlu menghindari konsumsi daging merah. Daging merah mengandung banyak purin yang bisa memperparah kondisi asam urat yang diderita. Daging merah ini termasuk daging sapi, kambing, dan babi. Sebagai alternatif anda bisa mengkonsumsi daging ayam yang lebih aman bagi penderita asam urat.

2. Jeroan

Sudah bukan rahasia lagi jika jeroan memiliki kandungan purin yang tinggi. Makanan ini harus dihindari oleh penderita asam urat, karena dapat menyebabkan lonjakan kadar asam urat dalam darah.

Selain asam urat, konsumsi jeroan berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit lain seperti kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskular. 

3. Makanan laut

Beberapa jenis makanan laut, terutama yang berasal dari golongan kerang-kerangan dan ikan tertentu mengandung purin yang tinggi. Ikan seperti sarden, makarel, teri serta kerang-kerangan seperti udang, kepiting dan lobster termasuk dalam kategori ini. 

Oleh sebab itu sebaiknya anda berhati-hati saat mengkonsumsi makanan laut. Pastikan makanan yang anda konsumsi memiliki kandungan purin yang rendah.

4. Minuman keras

Minuman keras terutama yang mengandung alkohol rupanya dapat meningkatkan kadar purin dalam tubuh. Alkohol dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urine yang menyebabkan penumpukan asam urat dalam darah.

5. Makanan dan minuman tinggi fruktosa

Makanan dan minuman yang mengandung fruktosa atau pemanis buatan dapat meningkatkan produksi asam urat saat dipecah dalam tubuh. Mengurangi asupan gula, terutama fruktosa, dapat membantu mengontrol kadar asam urat dan mencegah gejala asam urat semakin parah.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan asam urat makanan yang dihindari Daging Merah Makanan laut Jeroan Purin