Bermodal Pengalaman di DPRD, Fuad Rahman Maju Cakada Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

12 Juni 2024 16:00 12 Jun 2024 16:00

Thumbnail Bermodal Pengalaman di DPRD, Fuad Rahman Maju Cakada Kota Malang Watermark Ketik
Fuad Rahman saat bersama warga Kota Malang. (Foto: Instagram @masfuad.official)

KETIK, MALANG – Nama Ahmad Fuad Rahman mulai dikenal sebagai bakal Calon Kepala Daerah atau Cakada Kota Malang di Pilkada 2024. Memanfaatkan pengalamannya di Komisi D DPRD Kota Malang, Fuad mengaku ingin berfokus terhadap kesejahteraan masyarakat.

Kepada Ketik.co.id, Fuad menjelaskan rencana strategis yang telah ia susun untuk 100 hari pertama masa jabatannya. Salah satu sorotan utamanya adalah perbaikan database kependudukan.

"Harus by name by address, ini benar-benar valid. Kita akan memetakan mana saja masyarakat yang memang membutuhkan bantuan, masyarakat kurang mampu, dan sebagainya, agar bantuan yang diberikan juga tepat sasaran," ujar Fuad, Rabu (12/6/2024).

Ketidaksesuaian database dinilai menjadi pengaruh terhadap sulitnya pemerintah menangani masalah kemiskinan. Kondisi tersebut sempat ia rasakan ketika berada di DPRD Kota Malang yang mengharuskannya berhadapan dengan persoalan kemiskinan masyarakat.

"Nah kalau kami sudah punya data dan informasi yang lengkap, maka dari situlah kami bisa menangani permasalahan dan kebutuhan warga melalui kebijakan kita, menggunakan data yang valid," lanjutnya.

Data tersebut akan berguna dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan seluruh warga Kota Malang. Di bidang kesehatan, ia menekankan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di seluruh layanan fasilitas kesehatan akan mulai diperbaiki.

"Jangan sampai ada lagi kasus-kasus diskriminasi layanan kesehatan kepada warga kurang mampu yang ingin berobat ke RS. Ini sektor yang harus kita perhatikan," kata Politisi PKS ini.

Sementara itu untuk keluar dari beragam persoalan pendidikan, dilakukan dengan pemerataan kualitas pendidikan baik di tingkat swasta maupun negeri. Fuad tak hanya terfokus pada perbaikan sarana dan prasarana sekolah saa, namun juga tenaga pendidik harus ikut tersentuh.

"Dengan dua sektor itulah (pendidikan dan kesehatan) yang penting untuk dilakukan dalam 100 hari pertama kerja kami. Juga merupakan investasi kita untuk mencapai pengembangan daerah. Kalau sudah SDM itu baik, baru kita bicara tentang kondusifitas, pertumbuhan ekonomi, dan infrastruktur," tegasnya.

Fuad juga menyadari keluhan masyarakat terkait banjir yang membawa dampak kerusakan, serta kemacetan. Menurutnya jalan keluar dari masalah tersebut, diperlukan wilayah aglomerasi dan antar pemerintah di Malang Raya harus berani mengurangi ego sektoral.

"Makanya kami inginkan bukan hanya menang tapi mengelola pemerintahan daerah. Kita bukan lagi menjadi penyesuaian tapi sudah harus praktik mengelola pemerintahan. Makanya saya menjadi politisi sangat percaya diri untuk maju karena pengalaman saya di DPRD," tutupnya. (*)

Tags:

Fuad Ahmad Pilkada Kota Malang PKS Kota Malang Calon Kepala Daerah Cakada Kota Malang
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1