Cara Memelihara Anak Ayam Umur 1 Bulan, Agar Tumbuh Sehat dan Cepat Besar

Jurnalis: Riki Hidayati
Editor: Marno

1 Juni 2024 07:33 1 Jun 2024 07:33

Thumbnail Cara  Memelihara  Anak Ayam Umur 1 Bulan, Agar Tumbuh Sehat dan Cepat Besar Watermark Ketik
Sumber Foto : Tangkapan Layar Youtube @AGC Channel

KETIK, PAGAR ALAM – Ketika mempunyai anak ayam, tentunya kita berharap anak ayam ini tumbuh sehat dan cepat besar. Lalu apa yang harus kita lakukan selain  pembersihan kandang.

Jadi dalam perawatan anak ayam itu tidak hanya memperhatikan pembersihan, tapi penjemuran, agar anak ayam tetap tumbuh sehat dan cepat besar.

Dan yang paling utama lagi kita wajib memperhatikan pakan, untuk ayam umur satu bulan harus memiliki nutrisi atau gizi yang seimbang.

Sebagaimana dilansir kanal Youtube @AGC Channel. Jumat, (31/05/2024), ada beberapa yang diperhatikan dalam memelihara anak ayam, yaitu :

1. KEBERSIHAN KANDANG

Untuk kebersihan kandang memang harus diperhatikan,air minum diganti setiap hari, agar anak ayam kita terhindar dari bakteri dan penyakit.

2. PENJEMURAN

Anak ayam juga membutuhkan paparan sinar matahari langsung, dalam pembuatan kandang usahakan agar sinar matahari dapat masuk.

Untuk waktu penjemuran yang baik bagi anak ayam kisaran jam 08.00-09.00.

3. PEMBERIAN OBAT CACING

Ada yang tidak kalah pentingnya yaitu pemberian obat cacing, diberikan satu bulan sekali atau minim dua bulan sekali.

Karena ayam sering rentan sekali terkena penyakit cacingan,. Ayam yang terkena penyakit cacingan cirinya badannya kurus makannya banyak dan bulunya rusak.

4. PEMBERIAN PAKAN

Biasanya para peternak ayam aduan mereka menggunakan poer 511, bisa juga menggunakan poer eceran yang tanpa merk agar lebih ekonomis.

Meskipun hanya menggunakan pakan poer eceran yang dibungkus setengah kilo atau sekiloan anak ayam masih akan tetap tumbuh besar.

Sebenarnya kunci keberhasilan dalam merawat anak ayam agar tumbuh sehat dan cepat besar adalah dengan merawatnya di kandang boks yang diberi penghangat.

Jadi jika anak ayam dirawat di kandang boks yang diberi lampu, mereka akan merasa hangat dan bisa makan minum kapan pun waktunya.

Bahkan anak ayam akan tetap makan meskipun itu waktunya malam hari, asalkan makanannya sudah disediakan.

 Demikian ulasan tentang cara merawat anak ayam umur 1 bulan agar bisa tumbuh sehat dan cepat besar. Semoga bermanfaat. (*)

Tags:

tips Cara Perawatan anak ayam tumbuh sehat cepat besar