Dikunjungi Pj. Bupati Lumajang, Ny. Tuna Tak Kuasa Menahan Tangis

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: M. Rifat

23 Mei 2024 12:21 23 Mei 2024 12:21

Thumbnail Dikunjungi Pj. Bupati Lumajang, Ny. Tuna Tak Kuasa Menahan Tangis Watermark Ketik
Ny. Tuna tak kuasa menahan tangi ketika dikunjungi Pj. Bupati Lumajang (23/5/2024) (Foto: Kominfo Lumajang)

KETIK, LUMAJANG – Untuk memastikan akses layanan kesehatan kepada warga Kabupaten Lumajang, Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melakukan kunjungan ke kediaman Tuna, seorang wanita 39 tahun yang menderita kista, di Desa Kertowono Kecamatan Gucialit, Kamis (23/5/2024).

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memastikan akses layanan kesehatan bagi warganya yang membutuhkan.

"Ibunya (Tuna, red) ini sudah lama sebenarnya disarankan ke rumah sakit, namun beliau belum mau karena alasan takut dan biaya. Sekarang, setelah diajak bicara, sudah mau untuk berobat," ungkap Yuyun.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Sosial PPPA dan Dinas Kesehatan P2KB Lumajang telah memberikan bantuan kepada Tuna. Tuna dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan di rumah sakit pada Senin mendatang.

"Setelah Bu Kadinkes dan Bu Kadinsos koordinasi dengan Pak Camat dan Pak Inggi, keluarga ini sudah tercover BPJS dan PKH. Kami minta agar ibunya berobat, paling tidak untuk memeriksa kistanya apakah perlu dioperasi. Hari Senin, Tuna akan dibawa ke rumah sakit," jelas Bunda Yuyun.

Namun, penderitaan Tuna tidak hanya terbatas pada penyakit yang dideritanya. Ia juga harus merawat putri tercintanya yang didiagnosa menderita cerebral palsy, sebuah kondisi yang menyebabkan gangguan motorik pada tubuh. Putrinya yang kini berusia 6 tahun membutuhkan bantuan untuk semua aktivitas sehari-hari.

"Bantuan dan pengobatan akan segera disalurkan. Anak ini akan dibantu dengan kursi roda untuk memudahkan ibunya merawatnya. Yang terpenting, ibunya harus sehat dulu karena harus menjaga anaknya," terang dia.

Kunjungan tersebut tidak hanya menunjukkan kepedulian pemerintah terhadap kesehatan warganya, tetapi juga menjadi bukti nyata komitmen Pemkab Lumajang dalam memastikan kesejahteraan dan akses layanan kesehatan yang memadai bagi semua lapisan masyarakat.

Dukungan dan bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban Tuna dan keluarganya, serta memberikan harapan baru untuk masa depan yang lebih baik.

Ny. Tuna tak kuasa menahan tangisnya ketika menerima kunjungan dan bantuan dari Pj. Bupati Lumajang. (*)

Tags:

layanan kesehatan Lumajang PJ Bupati Lumajang berita lumajang hari ini
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1