Geber Sidoarjo Bersihkan Sungai Pelayaran dan Alun-Alun Sidoarjo

Editor: Fathur Roziq

11 Oktober 2024 16:21 11 Okt 2024 16:21

Thumbnail Geber Sidoarjo Bersihkan Sungai Pelayaran dan Alun-Alun Sidoarjo Watermark Ketik
Sekda Sidoarjo Dr Fenny Apridawati (kiri) ikut bersih-bersih Sungai Pelayaran bersama Pjs Bupati Sidoarjo M. Isa Anshori pada Jumat pagi (11 Oktober 2024). (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Kali Pelayaran di Desa Tawangsari, Kecamatan Taman, merupakan salah satu sungai penting. Airnya digunakan untuk bahan baku produksi Perumda Delta Tirta. Namun, banyak sampah dan eceng gondok menghambat aliran air sungai tersebut.  

Jumat pagi (11 Oktober 2024), Pjs Bupati Sidoarjo Muhammad Isa Anshori melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kali Pelayaran. Masyarakat diajak untuk sama-sama menjaga kondisi sungai dan lingkungan sekitarnya. Mereka pun bersama-sama bersih-bersih Sungai Pelayaran.

Dalam kegiatan ini, Isa Anshori didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sidoarjo Dwi Eko Saptono, serta aparatur desa setempat.

Isa Anshori mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih lingkungan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melalui Geber (Gerakan Bersih Sidoarjo). Geber juga merupakan

upaya menanggulangi banjir yang sering terjadi di kawasan tersebut.

”Saya mengajak masyarakat untuk membersihkan sampah. Karena kalau musim hujan tiba, banyaknya sampah ini akan menimbulkan banjir dan merugikan kita semua," katanya.

Isa Anshori juga mengingatkan tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai. Aliran air harus tetap lancar. Tidak tersumbat oleh sampah maupun sedimentasi. Sebab, Sungai Pelayaran sangat vital untuk mengendalikan banjir di kawasan Taman dan sekitarnya.

”Kami mengajak seluruh masyarakat ikut berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan bersama aparat desa dan kecamatan," tambahnya.

Isa Anshori memerintahkan aparat desa dan kecamatan agar rutin mengerahkan warganya untuk bersih-bersih sungai. Menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah di sungai.

Foto Pjs Bupati Sidoarjo M. Isa Anshori dan Kepala DLHK Sidoarjo Bahrul Amiq dan Kepala Satpol PP Yany Setiyawan melihat kawasan Alun-Alun Sidoarjo. (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo)Pjs Bupati Sidoarjo M. Isa Anshori dan Kepala DLHK Sidoarjo Bahrul Amiq dan Kepala Satpol PP Yany Setiyawan melihat kawasan Alun-Alun Sidoarjo. (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo)

Setelah kegiatan di Sungai Pelayaran Tawangsari, Isa Anshori bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo Bahrul Amiq dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sidoarjo Yany Setyawan melakukan sidak ke Alun-Alun Sidoarjo.

Sidak ini dilakukan untuk memantau kondisi fasilitas umum yang kerap menjadi pusat kegiatan warga. Keasrian dan ketertiban di Alun-Alun Sidoarjo sangat penting. Sebab, alun-alun adalah ikon Kabupaten Sidoarjo.

"Kami akan memastikan seluruh fasilitas publik di Alun-Alun Sidoarjo terjaga dengan baik," ucapnya.

Kepala DLHK Kabupaten Sidoarjo Bahrul Amiq menambahkan, DLHK telah menyiapkan tim khusus untuk membersihkan area sekitar alun-alun secara rutin. Mereka stand by untuk menjaga kebersihan alun-alun.

Kepala Satpol PP memastikan keamanan dan ketertiban Alun-Alun Sidoarjo akan terus dipantau guna mencegah gangguan ketertiban umum.

"Instruksi dari Bapak Pjs. Bupati terkait penertiban parkir dan PKL akan terus kami pantau," katanya.  (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemkab Sidoarjo Sungai Pelayaran Pjs Bupati Sidoarjo Alun-Alun Sidoarjo Kepala DLHK Bahrul Amiq