Hindari Tagihan Listrik Membengkak! Ini Tips Gunakan AC dengan Bijak

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

8 September 2024 18:01 8 Sep 2024 18:01

Thumbnail Hindari Tagihan Listrik Membengkak! Ini Tips Gunakan AC dengan Bijak Watermark Ketik
AC merupakan peralatan elektronik yang memakan cukup banyak daya listrik. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Sebagai negara tropis Indonesia memiliki suhu yang cukup panas. Untuk menanggulangi hal tersebut banyak orang menggunakan Air Conditioner (AC) agar udara terasa lebih sejuk.

Selain mengatur suhu, AC juga dapat mengatur kelembapan udara, sehingga udara di dalam ruangan tetap stabil dan nyaman.

Saat ini cukup banyak juga AC yang dilengkapi dengan fitur Air Purifier yang berguna untuk menyaring partikel udara dari virus dan bakteri yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

AC tidak hanya digunakan di rumah, tetapi juga di gedung perkantoran, restoran, pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit dan hotel. Namun, di balik fungsinya yang cukup banyak AC juga memakan daya listrik yang cukup besar.

Oleh sebab itu jika tidak ditangani dengan bijak, maka bukan tidak mungkin tagihan listrik anda akan membengkak.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan agar pengguna AC lebih hemat listrik.

1. Pilih AC yang Hemat Energi

  • Label Energy Star: Pilih AC dengan label Energy Star karena biasanya lebih efisien daripada model yang tidak memiliki label ini.
  • Pilih PK (satuan daya pendingin kompresor) yang Sesuai: Pastikan untuk memilih AC dengan PK yang sesuai dengan luas ruangan. Jika PK terlalu besar, tagihan listrik bulanan pun akan ikut membengkak.

2. Gunakan AC Tipe Inverter

  • Efisiensi Energi: Jika ingin lebih hemat daya AC tipe inverter adalah pilihan yang bijak. AC jenis ini dapat mengatur daya yang digunakan sesuai dengan suhu yang diinginkan, sehingga konsumsi listriknya lebih hemat jika dibandingkan dengan AC konvensional.

3. Atur Suhu dengan Bijak

  • Suhu Ideal: Usahakan untuk menjaga suhu ruangan antara 24-26 derajat Celsius. Suhu tersebut sudah cukup sejuk untuk menjaga ruangan tetap nyaman. Suhu yang lebih rendah tentu dapat menaikkan konsumsi listrik lebih besar.
  • Mode Pengaturan Suhu Otomatis: Menggunakan mode pengaturan suhu otomatis atau pengaturan timer juga dapat membantu menghindari penggunaan berlebihan.

4. Gunakan Mode Hemat Energi

  • Mode Hemat Energi: Sebagian besar AC modern memiliki mode hemat energi yang dapat digunakan untuk mengurangi konsumsi listrik. Aktifkan mode ini untuk menghemat energi.

5. Lakukan Perawatan Rutin

  • Membersihkan Filter: Membersihkan AC secara rutin juga tidak kalah pentingnya dalam menghemat energi AC. Tidak jarang AC harus bekerja lebih keras karena filter udara yang sudah kotor.
  • Perawatan Komponen: Perawatan rutin juga membantu mencegah masalah seperti kebocoran refrigeran atau kerusakan komponen, yang dapat mengakibatkan kerja AC menjadi tidak efisien.(*)

Tombol Google News

Tags:

Penggunaan AC Pengaturan Suhu Tagihan Listrik Daya Listrik AC Inverter AC Konvensional