Imbas Banjir, Jalur Evakuasi Ujung Bawang - Sebatang Tidak Bisa Dilintasi

Jurnalis: Zailani Bako
Editor: Muhammad Faizin

14 Oktober 2024 06:30 14 Okt 2024 06:30

Thumbnail Imbas Banjir, Jalur Evakuasi Ujung Bawang - Sebatang Tidak Bisa Dilintasi Watermark Ketik
Tinggi nya intensitas hujan 3 hari terakhir, menyebabkan pemukiman penduduk terimbas banjir, khususnya desa Pea Bumbung dan Ujung Bawang

KETIK, ACEH SINGKIL – Tingginya intensitas hujan 3 hari terakhir di Aceh Singkil, menyebabkan jalur evakuasi Ujung Bawang - Sebatang menuju Rimo tidak bisa dilintasi kendaraan.

Selain akses jalan, air juga menggenangi pemukiman penduduk, khususnya di Kemukiman Pemuka. Hampir ratusan rumah warga di desa Pea Bumbung dan Ujung Bawang, kecamatan Singkil terimbas banjir. 

Khalikul Sakda, warga desa Ujung Bawang, mengatakan bahwa imbas banjir kali ini akibat meluapnya air dari hulu sungai Lae Soraya, Simpang Kiri dan daerah hulu sungai Lae Cinendang, Simpang Kanan, kata nya, Minggu, 13 Oktober 2024.

"Disamping akses jalan dan rumah, banjir juga turut menggenangi fasilitas umum, seperti kantor desa, sekolah, poskesdes dan mushalla," kata Khalikul. 

Rabuman Bancin, warga lainnya, ikut menimpali bahwa rumah milik nya juga terimbas banjir sejak pagi tadi. 

“Banjir Aceh Tenggara dan Subulussalam turut mempengaruhi dampak banjir di Aceh Singkil, fakta nya air dari 2 daerah itu jatuh nya kesini semua,” kata Rabuman. 

Sebahagian warga pun harus memindahkan dan menyelamatkan barang-garang elektronik dan perabotan rumah tangga ke lokasi yang lebih tinggi dan aman. 

Kurun waktu kurang dari 3 jam, debit air naik antara 20 hingga 30 cm. Akibatnya banyak rumah-rumah warga mulai tergenang. 

Pemerintah desa se-kemukiman Pemuka, mengimbau kepada seluruh masyarakat nya agar lebih hati-hati dan waspada akan dampak hujan yang terus mengguyur.

“Kami minta masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Terus pantau keadaan di sekitar, jika diperlukan bantuan segera menghubungi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Pusdalop BPBD, “ imbaunya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Curah hujan tinggi banjir Kemukiman Pemuka Aceh Singkil 2024