Inilah Daftar Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia, Salah Satunya Hingga 23 Jam

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

16 Maret 2024 08:26 16 Mar 2024 08:26

Thumbnail Inilah Daftar Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia, Salah Satunya Hingga 23 Jam Watermark Ketik
Rusia. (Foto: Xinhua/Bai Xueqi)

KETIK, JAKARTA – Saat bulan Ramadan semua umat Islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa. Berpuasa merupakan suatu ibadah dimana kita harus menahan lapar dan haus, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Akan tetapi karena perbedaan letak geografis, durasi puasa di setiap negara di dunia menjadi berbeda-beda. Umumnya negara yang terletak di dekat Kutub Utara memiliki durasi puasa yang lebih lama.

Jika di Indonesia kita berpuasa selama kurang lebih 13 jam, beberapa negara bisa memiliki durasi puasa hingga 20 jam tergantung musim yang ada di wilayah tersebut. Berikut ini kami ulas beberapa negara yang memiliki durasi puasa paling lama di dunia.

1. Kanada

Negara yang terletak di Amerika Utara ini memiliki sebagian wilayah yang masuk dalam lingkaran Kitub Utara. Oleh sebab itu durasi puasa di Kanada bisa dibilang cukup lama yakni sekitar 16 jam. Tentu hal bervariasi mengingat wilayah Kanada yang sangat besar, Misalnya, di Kota Toronto, umat Muslim menjalani puasa selama 16 jam, sementara di Kota Edmonton mereka berpuasa selama 19 jam sehari.

Foto Kanada. (Foto : 
Getty Images/iStockphoto/Gabriel Shakour)Kanada. (Foto : Getty Images/iStockphoto/Gabriel Shakour)

2. Inggris

Terletak di wilayah Eropa Bagian Barat, umat muslim di Inggris harus berpuasa selama 18 hingga 19 jam sehari. Mereka memulai puasa sejak pukul 02.30 dan berbuka pada pukul 21.30.

3. Jerman

Untuk Jerman durasi puasanya tidak jauh berbeda dengan Inggris karena letak negara ini yang tidak terlalu satu sama lain. Umat muslim di Inggris harus menjalani ibadah puasa selama 18-19 jam sehari, dimulai sejak pukul 03.00 hingga berbuka pada pukul 22.00.

4. Alaska

Alaska merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat yang sebagian besar wilayahnya masuk dalam lingkaran Kutun Utara. Oleh sebab itu tak mengherankan jika sebagian besar wilayahnya ditutupi oleh salju yang tebal. Umat muslim yang menjalani ibadah puasa di Alaska harus menahan lapar dan haus selama hampir 20 jam untuk musim panas sementara di musim dingin hanya sekitar 5 jam sehari.

5. Rusia

Seperti yang kita tau negara pecahan Uni Soviet ini sebagian besar wilayahnya beriklim dingin dan dekat dengan Kutub Utara. Untuk durasi puasa di Rusia tentu sangat bervariasi mengingat wilayahnya yang sangat besar. Di Kota Moskow, umat Muslim berpuasa hingga 19 jam sehari, sedangkan di Kota Murmansk, durasi puasa mencapai 20,45 jam sehari.

6. Islandia

Negara Eropa yang mendapatkan julukan tanah es ini berada di sekitar lingkaran Kutub Utara. Oleh sebab itu durasi puasa disini bisa dibilang cukup lama yakni berkisar 22 jam sehari, menempatkannya sebagai salah satu negara dengan durasi puasa terpanjang di dunia.

Foto Finlandia. (Foto: Lonely Planet)Finlandia. (Foto: Lonely Planet)

7. Finlandia 

Negara dengan durasi puasa terpanjang di dunia adalah Finlandia, terletak di semenanjung Skandinavia umat muslim disini harus menjalani ibadah puasa hampir sepanjang hari, yaitu selama 23 jam sehari.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan puasa Durasi Puasa Durasi Terlama negara Kutub Utara Geografis