Jelang Karantina, Finalis Joko Roro Kabupaten Malang Sambut Kunjungan Menparekraf RI

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

29 Juli 2024 04:29 29 Jul 2024 04:29

Thumbnail Jelang Karantina, Finalis Joko Roro Kabupaten Malang Sambut Kunjungan Menparekraf RI Watermark Ketik
Finalis Joko Roro Kabupaten Malang 2024 ketika berfoto bersama Menparekraf RI Sandiaga Uno. (Foto : Disparbud Kabupaten Malang)

KETIK, MALANG – Sebanyak 32 Finalis Joko Roro Kabupaten Malang akan memasuki karantina sebelum tampil pada grand final di NK Cafe, Karangploso, Sabtu (3/8/2024) mendatang. Karantina wajib diikuti seluruh finalis pada Kamis (1/8/2024).

Jelang karantina dan tampil pada puncak penganugerahan, seluruh finalis mendapat pengalaman berharga, yakni menyambut kunjungan Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno di Kabupaten Malang, akhir pekan kemarin.

Menparekraf RI melakukan kunjungan di Dewi Anom Poncokusumo dan Temu Ekraf di Pendapa Agung Kabupaten Malang. Disparbud Kabupaten Malang Purwoto mengatakan, selain bertemu dengan Sandiaga Uno, seluruh Finalis Joko Roro telah mengikuti serangkaian kegiatan lainnya.

"Target kami untuk para finalis Joko Roro Kabupaten Malang mereka harus menjadi Duta Pariwisata beneran. Salah satu kriteria dikurasi adalah mereka harus melek IT, melek digital dan melek medsos," ujarnya kepada Ketik.co.id yang ditulis Senin, (29/7/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan, hal tersebut berguna bagi para Joko-Roro untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Malang. Termasuk mempromosikan Desa Wisata.

"Mereka pada umumnya sudah lihai dalam pembuatan konten dan menjadikan influencer. Dan kelebihan mereka kita manfaatkan untuk membuat konten-konten di Desa Wisata. Sehingga mempromosikan Desa-desa wisata yang menjadi pendampingan kita," sebutnya. 

Sedangkan untuk karantina yang akan dijalani Joko-Roro kata ia sudah dipersiapkan pemberian beberapa materi. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas para finalis.

Salah satu materi yang diberikan saat karantina nanti kata ia adalah literasi keuangan. "Nantinya ada pemateri dari Bank Jatim yang menjadi salah satu sponsor kegiatan ini. Jadi, Joko-Roro juga dibekali kemampuan pengelolaan keuangan," terang pria ramah ini.

Sebagai informasi, jelang Karantina dan Grand Final Joko Roro Kabupaten Malang, pihak panitia penyelenggara sudah membuka polling untuk menentukan Joko-Roro favorit.

Sebagai informasi, media partner ajang Joko Roro Kabupaten Malang di antaranya, Ketik.co.id, 98,6 Elfara FM, 101,3 MFM, Bingkai Karya, RRI Pro 2 Malang 87,9 FM, Media Event, Jawa Pos Radar Malang,  Amazing Malang, Warta Jatim dan Kepanjen Creative Space.

Ajang pemilihan tersebut disponsori Pergi Rame-Rame dan Air Asia yang memberikan hadiah utama berupa trip wisata ke tiga negara yakni Singapura, Thailand dan Malaysia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Joko Roro Kabupaten Malang Kabupaten Malang Menparekraf RI Disparbud Kabupaten Malang Pemkab Malang