Kawasan Bromo Dilanda Kebakaran, Petugas Berjibaku Padamkan Api

Jurnalis: Sholeh
Editor: Muhammad Faizin

3 September 2024 12:42 3 Sep 2024 12:42

Thumbnail Kawasan Bromo Dilanda Kebakaran, Petugas Berjibaku Padamkan Api Watermark Ketik
Petugas berusaha memadamkan kebakaran di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). (Foto: dok. TN BTS)

KETIK, MALANG – Kebakaran hutan kembali melanda kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Kali ini, titik api diketahui terjadi di Blok Pusung Buntung, Desa Argosari, Resort PTN Senduro, Seksi PTN Wilayah III. 

"Kepulan asap terdeteksi pada 1 September 2024 sekitar pukul 17:00 WIB di Gunung Ebeng - Ebeng Argosari," kata Kepala Bagian Tata Usaha TN BTS Septi Eka Wardhani dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 September 2024.

Selanjutnya, urai Septi, petugas Resort dan MPA Argosari segera melakukan pemantauan di Puncak B 29 untuk memastikan adanya kebakaran.

Karena hari sudah malam dan lokasi berada di Lokasi yang curam dan bertebing dan sangat berisiko jika dilakukan pemadaman malam hari, Maka tim hanya melakukan pemantauan dan menyiapkan peralatan kebakaran dan tim pemadaman untuk keesokan harinya.

"Pada Senin, 2 September 2024 tim pemadam berjumlah 25 orang (5 Personil Seksi PTN Wilayah III, 20 MPA Argosari) bergerak menuju lokasi kebakaran dan melakukan upaya pemadaman," jelas Septi.

Kemudian pada hari yang sama, lanjut Septi, sekitar pukul 11:42 WIB, api yang menuju arah Gunung Jantur berhasil dipadamkan dan dibuatkan sekat bakar supaya tidak melebar ke arah Lembah Watangan Bromo. 

Sedangkan Api yang berada di Gunung Ebeng - Ebeng berada di lokasi jurang/Bleng belum bisa dipadamkan karena akses menuju ke sangat lokasi sulit dan terjal. 

"Selanjutnya pada Selasa, 3 September 2024, tim melakukan upaya pemadaman. Saat ini sebagian titik api sudah mulai padam, untuk memastikan api benar-benar padam, tim melakukan pemantauan dan Mop-up di sekitar lokasi," tegasnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru TNBTS kebakaran hutan dan lahan Karhutla