Kementerian Keuangan Mengajar 9 Sasar Enam Sekolah di Malang Raya

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

7 Oktober 2024 15:28 7 Okt 2024 15:28

Thumbnail Kementerian Keuangan Mengajar 9 Sasar Enam Sekolah di Malang Raya Watermark Ketik
Pelaksanaan Kemenkeu Mengajar di MIN 1 Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sebanyak enam sekolah di wilayah Malang Raya mendapatkan giliran untuk mendapatkan program Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mengajar 9. Program tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada siswa terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta seluk beluk Kemenkeu.

Nurtjahjo Budidananto selaku Wildcard Kemenkeu Mengajar 9 menjelaskan bahwa pembelajaran telah disesuaikan berdasarkan level kelas para siswa. Hal tersebut untuk memudahkan siswa menerima materi yang disampaikan.

"Kemenkeu Mengajar 9 ini mengenalkan ke siswa dan komunitas pendidikan tentang Kementerian Keuangan beserta strukturnya, APBN, pajak, dan lainnya. Termasuk juga literasi keuangan bagi siswa," ujarnya, Senin 7 Oktober 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di berbagai sekolah di Indonesia. Untuk wilayah Malang Raya menyasar MIN 1 Kota Malang, MTsN 1 Kota Malang, SMAN 6 Malang, SDN 2 Ngadas, SDN 1 Gubugklakah dan SDN Sidomulyo 1.

Nurtjahjo mengamati secara langsung proses pembelajaran Kemenkeu Mengajar 9 di MIN 1 Kota Malang. Menurutnya banyak siswa yang antusias dan bersemangat terhadap kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sudah berjalan selama sembilan kali, tiap tahun pasti ada. Kita datangi siswa-siswa sehingga mereka bisa tahu dan lebih mengena ke mereka. Tadi ada siswa yang mau bekerja di Kemenkeu, nah kita juga ada pengenalan oleh siswa dari STAN," lanjutnya.

Okky Verizky Nobelta, Koordinator Daerah Kemenkeu Mengajar 9 Malang Raya menambahkan, dari enam sekolah, terdapat 1.780 siswa yang mengikuti program tersebut. Selain itu terdapat 195 pengajar sekaligus panitia yang tergabung untuk berinteraksi dengan siswa.

"Harapannya kegiatan ini akan jadi bekal mereka sebagai masyarakat ataupun pemerintah. Di sini dengan Kemenkeu Mengajar, mencoba menanamkan tentang keuangan negara, fungsinya apa, di dalamnya ada apa, lalu pajak tugasnya untuk apa. Itu disesuaikan dengan kehidupan mereka sehari-hari," katanya.

Usai melaksanakan program, akan dilakukan refleksi oleh setiap panitia yang terlibat untuk membicarakan hasil dari kegiatan. Selain itu masukan demi perbaikan program yang akan datang.

"Harapan bagi siswa siswi ini, mereka akan lebih tahu tentang Kemenkeu. Karena banyak yang gak tahu bagaimana Kemenkeu serta pengenalan tentang APBN," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kemenkeu Mengajar 9 Kementerian Keuangan Mengajar Kementerian Keuangan Kota Malang