Komitmen Agroforestry, Pj Wali Kota Tanam Kopi Bersama Forkopimda di Coban Talun

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

3 Agustus 2024 16:00 3 Agt 2024 16:00

Thumbnail Komitmen Agroforestry, Pj Wali Kota Tanam Kopi Bersama Forkopimda di Coban Talun Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu dan Forkopimda Kota Batu menanam pohon kopi di Kawasan Coban Talun Kecamatan Bumiaji Kota Batu (3/8/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai beserta Forkopimda menanam pohon kopi Robusta di Kawasan Coban Talun Kecamatan Bumiaji Kota Batu (3/8/2024). 

Penanaman kopi tersebut merupakan komitmen membangun Agroforestry Kopi Lereng Gunung Arjuna. Penanaman kopi juga diikuti oleh pelajar Kota Batu dengan menanam terong dan cabe disekitar tanaman kopi. 

"Hari ini kita menanam kopi bersama Forkopimda sebagai komitmen untuk menjaga lahan kita agar lestari dan tahan terhadap bencana alam," urai Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Menurut Aries, Tanaman kopi dipilih karena memiliki akar yang kuat. Tanaman kopi terbukti efektif mencegah erosi lantaran memiliki tajuk batang berlapis. Sehingga kopi mampu melindungi tanah dari tetesan air hujan langsung.

"Penanaman kopi kali ini juga sebagai komitmen pelestarian lingkungan sekaligus pemberdayaan masyarakat Kota Batu," sambungnya.

Aries berharap program tersebut akan semakin meningkatkan pendapatan petani kawasan hutan, yang sebelumnya banyak menanam tanaman pangan. Menurutnya, dengan menanam kopi yang bernilai jual tinggi akan semakin meningkatkan kesejahteraan petani.

"Dengan menanam kopi di Kawasan Coban Talun Kawasan Agroforestry Kopi Lereng Gunung Arjuna maka kita juga akan lebih meningkatkan penghasilan petani," ujarnya.

Usai penanaman Kopi, kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan Kerjasama (Mou) Agrogorestry Kopi Giri Arjuna dengan Taman Rekreasi Selecta. 

Selain itu, juga dilaksanakan bantuan bibit dan biaya konversi dari Yayasan Dharma Wangsa Reksawana kepada Agroforestry Kopi Giri Arjuna. 

"Bantuan ini diharapkan semakin meningkatkan produktivitas petani dalam mengelola kawasan hutan, sehingga bukan hanya lahan menjadi produktif tetapi juga tahan terhadap bencana," tegas Aries. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Tanam Kopi Agroforestri Coban Talun