Kondisi Sekolah Memprihatinkan, SFC Renovasi TK Siswa Tama Surabaya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

7 Agustus 2024 14:00 7 Agt 2024 14:00

Thumbnail Kondisi Sekolah Memprihatinkan, SFC Renovasi TK Siswa Tama Surabaya Watermark Ketik
Sekolah TK Siswa Tama yang mendapatkan bantuan renovasi dari SFC. (Foto: Dok.SFC)

KETIK, SURABAYA – Surabaya Friendship Club (SFC) kembali melakukan bakti sosial. Kali ini, TK Siswa Tama yang terletak di Kupang Krajan V/37 Kecamatan Sawahan Kota Surabaya terpilih untuk mendapatkan bantuan renovasi gratis.

Sekolah tersebut dipilih karena kondisinya yang memprihatinkan. Dinding sekolah banyak yang lapuk dan atapnya bocor, kamar mandi juga lama tidak berfungsi.

Ketua SFC, Dendy Sean mengatakan kegiatan renovasi ini merupakan bentuk kepedulian SFC kepada masyarakat. Sebelumnya, pihaknya cukup kesulitan mencari sekolah yang sesuai kriteria untuk direnovasi.

Sampai akhirnya dipilihlah TK Siswa Tama dari beberapa sekolah yang disurvei oleh SFC. Sekolah ini berada di kawasan padat penduduk dan gang sempit yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. 

"Pada awalnya cukup sulit ya menemukan sekolah rusak di Kota Surabaya yang sesuai kriteria, sampai akhirnya ketemu TK Siswa Tama ini," jelas Dendy kepada Ketik.co.id, Rabu (7/8/2024).

"Saat survei kondisinya sangat memprihatinkan, temboknya lapuk dipegang saja sudah rompal. Belum lagi kamar mandinya rusak berat sampai tidak berfungsi," imbuhnya.

Dendy menambahkan, banyak proses perbaikan yang harus dilakukan seperti pembangunan kamar mandi. SFC akhirnya membuatkan kamar mandi baru termasuk peninggian lantai kamar mandi, pemasangan keramik lantai, keramik dinding, dan instalasi perpipaan air bersih dan air kotor.

Untuk dinding juga diperbaiki baik bagian luar maupun dalam. Atap sekolah yang sudah bocor tak luput dari perbaikan. Renovasi dilakukan secara menyeluruh agar fasilitas di TK Siswa Tama bisa digunakan kembali untuk kegiatan belajar mengajar.

"Kita juga buatkan pagar besi di atas pagar existing karena pagar existing sering dipanjatin oleh anak didik maka diberi pagar besi agar aman," tambahnya.

Dalam proses renovasi ini salah satu tantangan yang dihadapi adalah lokasi karena berada di kawasan padat penduduk dengan akses jalan yang sempit. Untuk mengirim material terpaksa menggunakan motor karena tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

"Untuk proses pengiriman material menggunakan sepeda motor atau motor roda tiga karena mobil tidak bisa masuk ke lokasi," paparnya.

Proses renovasi diperkirakan memakan waktu selama 21 hari yang dimulai sejak 5 Agustus dan rencananya selesai pada 26 Agustus 2024. Proses renovasi terbilang cukup lama karena dikerjakan setelah selesai jam pembelajaran.

"Selesainya kita perkirakan 26 Agustuslah. Karena kita baru bisa ngerjainnya selesai jam sekolah. Supaya tidak mengganggu adik-adiknya," pungkasnya.

Sebagai informasi, SFC merupakan komunitas sosial yang beranggotakan para chief atau pimpinan dari perusahaan-perusahaan di Surabaya mulai dari BUMN, swasta, media, akademisi, Ppemerintah, TNI dan Polri yang berkolaborasi untuk memberikan program sosial, sharing session serta kerjasama.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sfc bakti sosial renovasi sekolah TK Siswa Tama Pendidikan