Mengenal Rontek Singo, Kesenian Khas Bondowoso yang Iringi Pendaftaran Khofifah-Emil ke KPU Jatim

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

28 Agustus 2024 04:32 28 Agt 2024 04:32

Thumbnail Mengenal Rontek Singo, Kesenian Khas Bondowoso yang Iringi Pendaftaran Khofifah-Emil ke KPU Jatim Watermark Ketik
Kesenian Rontek Singo yang hadir memeriahkan pendaftaran Khofifah dan Emil di KPU Jatim. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Beragam kesenian tradisional khas Jawa Timur mewarnai momen pendaftaran Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Rabu 28 Agustus 2024.

Macam-macam kesenian tersebut menggambarkan keragaman budaya yang terdapat di Jawa Timur. Salah satunya yakni Rontek Singo. Kesenian ini berasal dari Kabupaten Bondowoso. 

Misradi selaku pembina seni Rontek Singo dari Kelompok Mitra Budaya mengatakan kesenian Rontek Singo merupakan pengembangan dari upacara adat Singo Ulung yang menjadi tradisi di wilayah Prajekan, Bondowoso.

"Awalnya upacara adat ini namanya Singo Ulung yang dikembangkan untuk menjadi seni pertunjukkan yang kemudian disebut Rontek Singo," jelas Misradi saat ditemui di KPU Jawa Timur, Rabu 28 Agustus 2024.

Di tempat asalnya, kesenian Rontek Singo ini biasanya dimainkan dengan beragam alat musik seperti kendang, terompet, saron, demung dan peking. Kesenian ini merupakan pertunjukan yang biasanya digelar untuk sarana hiburan.

"Ini tadi kan alat musiknya tidak terlalu banyak karena kami sambil jalan kaki. Tapi kalau aslinya itu alat musiknya banyak," imbuhnya.

Lebih lanjut, Misradi menambahkan untuk pertunjukan di momen pendaftaran Khofifah dan Emil di KPU Jatim ini, dirinya berangkat dari Bondowoso pada Selasa 27 Agustus 2024, sekitar pukul 18.00 WIB.

Dirinya datang bersama para seniman lain untuk memeriahkan gelaran Pilkada Jatim 2024. "Saya berangkat kemarin sore sekitar pukul 18.00 dari Bondowoso," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pilkada jatim KPU Jatim Rontek Singo Singo Ulung kesenian tradisional Khofifah Indar Parawansa Emil Elistianto Dardak