Pameran Kisah Soekarno di Disperpusip Jatim Tunjukkan Sisi Lain dari Proklamator

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

25 Juni 2024 06:52 25 Jun 2024 06:52

Thumbnail Pameran Kisah Soekarno di Disperpusip Jatim Tunjukkan Sisi Lain dari Proklamator Watermark Ketik
Kepala Dinas Perpusip Jatim Ir Tiat S. Suwardi MSi dengan latar belakang foto-foto Proklamator Ir Soekarno yang dipamerkan. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur (Disperpusip Jatim) dalam memperingati Bulan Soekarno pada Juni 2024 menggelar pameran yang berfokus pada kehidupan dan warisan Presiden pertama Indonesia, Sukarno.

Pameran ini buah kolaborasi dari Disperpusip Jatim dengan Begandring yang terbuka untuk umum yang digelar pada 20-29 Juni 2024 yang bertempat di Gedung Disperpusip Jatim.

Pameran ini dapat menyoroti berbagai aspek dari kehidupan, perjuangan, dan kontribusi Soekarno di Jawa Timur dalam membentuk Indonesia.

Sekretaris Begandring Yayan Indrayana menjelaskan pameran ini menampilkan foto Soekarno di Jatim, buku karya Soekarno, koleksi pidato, video Soekarno dan pemutaran Film Koesno.

"Mengenalkan sosok Soekarnonya dengan membuat E-book yaitu dengan mengenalkan pikirannya Soekarno.  Nah itu tidak bisa sekali pameran," terangnya pada Ketik Media pada Senin, (25/6/2024).

Menurut Yayan, pameran kali ini menggambarkan bukan hanya sisi heroik, tetapi pola pikir dari Proklamator Indonesia ini.

"Bagaimana pemahaman Soekarno tentang kebudayaan karena setiap pidatonya membahas budaya Jawa, nah itu jarang disampaikan," jelasnya.

"Nah itu kita pengennya bisa tersampaikan satu per satu otomatis banyak kegiatan," imbuhnya.

Beberapa koleksi yang ditampilkan berkolaborasi dengan Disperpusip Jatim, sekaligus bekerja sama dengan Ruslan Abdul Gani itu untuk menyebarkan buku dan dibuat untuk pameran kali ini."Sekitar 61 foto (Soekarno), kalau bukunya sekitar 20-an atau 30-an," paparnya.

Foto Suasana pameran Soekarno di Disperpusip Jatim. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Suasana pameran Soekarno di Disperpusip Jatim. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Kepala Dinas Perpusip Jatim Ir Tiat S. Suwardi MSi menjelaskan pamerab ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang jejak kegiatan Bung Karno khususnya yang ada di Jawa Timur.

"Generasi muda dapat melihat nilai-nilai kebaikan dari beliau (Soekarno) misalnya patriotisme, kepahlawanan, pantang menyerah. Nah itu menurut kami generasi muda perlu mempelajari, dan bisa diterapkan sehari-hari," jelasnya.

Mengenai support Disperpusip untuk pameran kali ini berupa venue, panel pameran dan beberapa buku dan foto. "Foto itu kurang lebih ada 600-an milik Disperpusip selain koleksi dari Begandring. Tentunya kami menyiapkan teh dan kopi jadi pengunjung bisa cozy menikmati suasana di sini dengan nyaman," papar Tiat.

Pameran Soekarno ini dapat dikunjungi mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB pada 20 hingga 29 Juni 2024, bertempat di Ruangan Pameran di Dinas Perpusip Jatim dan gratis. Yuk merapat.  (*)

Tags:

Disperpusip Jatim Kepala Dinas Perpusip Jatim pameran Soekarno pameran foto Soekarno Bung Karno proklamator Surabaya
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1