Pemkot Surabaya Luncurkan Asrama Anak Asuh Bibit Unggul

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

27 Agustus 2024 07:56 27 Agt 2024 07:56

Thumbnail Pemkot Surabaya Luncurkan Asrama Anak Asuh Bibit Unggul Watermark Ketik
Peresmian Asrama Anak Asuh Bibit Unggul oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Sebagai bagian dari program 1 Keluarga 1 Sarjana, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akhirnya meresmikan Asrama Anak Asuh Bibit Unggul yang berlokasi di Jalan Villa Kalijudan Indah XV/Kav. 2-4 Surabaya, Senin 26 Agustus 2024.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan, nantinya anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu di Surabaya akan tinggal di Asrama Anak Asuh Bibit Unggul. Mereka akan dibina dan diberikan pendidikan selama tiga tahun hingga lulus dan memasuki dunia kerja.

Pembangunan Asrama Anak Asuh Bibit Unggul ini, hasil kerja sama dari banyak stakeholder seperti perguruan tinggi dan para pengusaha yang peduli dengan pendidikan anak di Kota Surabaya.

"Kepada seluruh pihak yang telah bersinergi, baik dari kalangan perguruan tinggi maupun pengusaha saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," jelas Eri.

Eri menyebutkan beberapa instansi pendidikan yang ikut berpartisipasi adalah Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Surabaya dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hang Tuah Surabaya.

Foto Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan sang istri Rini Indriyani berfoto bersama sejumlah anak penghuni Asrama Anak Asuh Bibit Unggul. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan sang istri Rini Indriyani berfoto bersama sejumlah anak penghuni Asrama Anak Asuh Bibit Unggul. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

Dengan adanya fasilitas pendidikan ini, nantinya anak-anak yang masuk dalam program bibit unggul akan dibekali dengan ilmu sesuai dengan keahlian mereka, uang saku dan makan gratis tiga kali. Ilmu agama juga akan diajarkan agar mereka bisa menjadi generasi yang unggul.

"Jadi anak-anak juga diajak salat malam hingga salat 5 waktu berjemaah. Nah, pendidikan-pendidikan inilah yang mengajarkan anak-anak kedisiplinan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya, Anna Fajrihatin menyatakan, bahwa saat ini ada sekitar 138 anak yang mengikuti program pendidikan 1 Keluarga 1 Sarjana di Asrama Bibit Unggul.

Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan beberapa mahasiswa yang masih proses seleksi PTN.

"Kemarin sudah ada yang mulai mengikuti kelas di Poltekkes secara daring dan alhamdulillah mulai hari ini mereka sudah belajar secara langsung," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

AsramaAnakAsuh BibitUnggul Program1Keluarga1Sarjana PendidikanSurabaya Pemkot.Surabaya AnakKurangMampu PendidikanBerkualitas