Penting Periksa Kondisi Kendaraan Anda Sebelum Mudik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Gumilang

8 April 2024 01:00 8 Apr 2024 01:00

Thumbnail Penting Periksa Kondisi Kendaraan Anda Sebelum Mudik Watermark Ketik
Ilustrasi kendaraan untuk mudik. (Foto: Husni Habib /Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Saat mudik lebaran ke kampung halaman mempersiapakan kendaraan merupakan hal yang penting. Hal ini karena saat mudik nanti anda akan melewati kemacetan dan perjalanan yang panjang.

Oleh sebab itu kondisi kendaraan yang prima diperlukan untuk memperlancar perjalanan mudik anda. Selain itu, dengan kendaraan yang terawat juga dapat membuat anda merasa nyaman selama perjalanan.

Mobil yang terawat akan memberikan performa yang baik saat dipacu untuk perjalanan panjang.nBerikut beberapa tips perawatan mobil yang wajib Anda lakukan sebelum mudik lebaran bersama keluarga.

 

1. Ganti oli mesin

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja mengganti oli mesin kendaraan anda sebelum perjalanan mudik. Hal ini sangat penting karena kondisi oli yang baik akan membuat kinerja mesin kendaraan anda menjadi lebih optimal.

Oli sendiri berguna untuk melumasi setiap komponen mesin agar dapat bekerja dengan baik. Jangan lupa ganti oli gardan, oli rem, dan oli power steering agar seluruh sistem mobil bekerja dengan baik.

 

2. Periksa kondisi ban

Ini berkaitan dengan faktor keamanan, jangan lupa untuk memeriksa kondisi ban kendaraan anda sebelum melakukan perjalanan mudik. Jika didapati ban dalam kondisi gundul segera ganti dengan ban baru untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat gesekan yang terjadi antara ban dengan aspal.

Lakukan Spooring & Balancing juga untuk menyeimbangkan kembali sudut-sudut roda. Hal ini penting untuk keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

 

3. Periksa kondisi rem

Rem merupakan salah satu komponen keamanan pada kendaraan yang jangan sampai luput dari pemeriksaan. Fungsi rem sendiri tentu saja untuk mengurangi kecepatan kendaraan dengan cepat dan aman. Dengan kondisi rem yang baik anda bisa menghentikan laju kendaraan anda dengan aman.

 

4. Cek kondisi radiator

Air radiator membantu meredam panas mesin. Gunakan air radiator khusus untuk mobil berkompresi tinggi agar kinerja pendingin mesin optimal dan mencegah karat. Pastikan air radiator selalu dalam kondisi prima untuk menjaga temperatur mesin tetap stabil.

 

5. Kondisi aki prima perjalanan terjaga

Aki merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menyuplai tenaga listrik pada kendaraan anda. Aki yang bagus akan menjaga kinerja lampu, audio, dan mesin berjalan optimal. Pastikan aki Anda siap untuk perjalanan panjang mudik.

 

6. Periksa kondiri lampu

Lampu kendaraan berguna untuk menerangi jalan saat kondisi gelap dan hujan. Sebelum memulai perjalanan mudik pastikan lampu utama, lampu sein dan lampu rem berada dalam kondisi yang baik sebelum perjalanan mudik.

 

7. Cek hembusan AC

Pastikan filter pendingin AC bersih agar AC bekerja optimal dan memberikan suhu yang dingin dan sejuk selama perjalanan. Lakukan pembersihan kondensor dan evaporator secara berkala. Dengan AC yang dingin akan membuat perjalanan anda terasa lebih sejuk.(*)

Tags:

otomotif Kendaraan kondisi mesin Arus Mudik Keamanan kenyamanan lebaran
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1