Pertahankan Tradisi, Dewi Anom di Kabupaten Malang Masuk 50 Besar ADWI 2024

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

27 Mei 2024 09:06 27 Mei 2024 09:06

Thumbnail Pertahankan Tradisi, Dewi Anom di Kabupaten Malang Masuk 50 Besar ADWI 2024 Watermark Ketik
Forkopimda Kabupaten Malang ketika mencoba Fun Off-road di Dewi Anom, Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. (Foto: Dok Jadesta)

KETIK, MALANG – Prestasi gemilang kembali ditorehkan Kabupaten Malang. Kali ini melalui Desa Wisata Wringinanom (Dewi Anom) Kecamatan Poncokusumo berhasil masuk ke dalam 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2024).

Dewi Anom lolos 50 besar ADWI 2024 setelah bersaing dengan total 6 ribuan peserta secara Nasional. Pencapaian ini tentunya sangat membanggakan karena menyamai pencapaian tahun-tahun sebelumnya.

Pada edisi sebelumnya Desa Wisata Pujon Kidul, Desa Wisata Sanankerto dan Desa Wisata Bowele mampu lolos ke 50 besar ADWI 2024 yang merupakan ajang bergengsi di Indonesia ini.

Kadisparbud Kabupaten Malang Purwoto mengatakan, Dewi Anom termasuk dari empat desa wisata di Provinsi Jawa Timur yang lolos ke ADWI 2024. Tiga desa lainnya yakni Desa Wisata Sempu, Kabupaten Kediri.

Kemudian, Desa Wisata Adat Osing Kemiren, Kabupaten Banyuwangi dan Desa Wisata Gunungsari, Kabupaten Madiun yang juga lolos pada ADWI 2024 tersebut.

"Alhamdulillah, tahun ini perwakilan Kabupaten Malang (Dewi Anom) masuk 50 besar," ucap Purwoto melalui keterangan tertulis yang diterima Media Nasional Ketik.co.id, Senin (27/5/2024). 

Lebih lanjut ia mengatakan, sebelum lolos 50 besar, Dewi Anom telah melangsungkan berbagai tahapan seleksi. Yakni mulai 500 Besar, 300 Besar dan 100 Besar.

"Kabupaten Malang sendiri menyisakan 2 Desa Wisata sampai dengan babak 100 Besar yaitu Desa Wisata Wringinanom dan Desa Wisata Poncokusumo, sebelum mengerucut menjadi 50 Besar," ungkapnya.

Menurut Purwoto, Disparbud Kabupaten Malang berkomitmen akan memberikan pendampingan terhadap Dewi Anom untuk berjuang pada tahapan selanjutnya di ADWI 2024.

Dikatakannya, Dewi Anom sudah memiliki prestasi yang membanggakan. Diharapkan peningkatan prestasi tersebut dapat berlanjut pada ADWI 2024.

"Sebelumnya kan Dewi Anom sudah dapat Juara 2 Kategori Kelembagaan di Program Kampanye Sadar Wisata 5.0, Harapan kami, semoga di ADWI ini juga bisa masuk kedalam nominasi disalah satu kategori ADWI," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dewi Anom Desa Wisata Wringinanom Kabupaten Malang ADWI