Pilkada Sidoarjo 2024; Subandi-Mimik dan Mas Iin-Abah Edi Periksa Kesehatan di Dr Soetomo

Editor: Fathur Roziq

31 Agustus 2024 05:29 31 Agt 2024 05:29

Thumbnail Pilkada Sidoarjo 2024; Subandi-Mimik dan Mas Iin-Abah Edi Periksa Kesehatan di Dr Soetomo Watermark Ketik
Suasana salah satu ruangan di dalam gedung Graha Amerta RSUD Dr Soetomo Surabaya pada Sabtu (31/8/2024). Terlihat bacagub Jatim Tri Rismaharini dan bacawagub Gus Hans. Di belakang (kanan) tampak bacabup dan bacawabup Sidoarjo H Subandi dan Hj Mimik Idayana.(Foto: KPU Sidoarjo for Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Sidoarjo selesai pada Kamis malam (29/8/2024). Sabtu, hari ini, (31/8/2024), kedua pasangan bakal calon menjalani tes kesehatan di RSUD Dr Soetomo Surabaya. Semua diperiksa. Apakah fisik dan jiwanya sehat atau tidak?

Hingga pukul 11.00, Sabtu, pemeriksaan sedang dilakukan. Pasangan H Subandi dan Hj Mimik Idayana sudah berada di RSUD Dr Soetomo. Begitu pula pasangan Mas Iin dan Abah Edi. Mereka hadir di rumah sakit milik Pemprov Jatim itu bersama-sama bakal calon kepala daerah dari kabupaten dan kota lain.

Termasuk, bakal calon Gubernur dan bakal calon wakil Gubernur Jatim. Ada Tri Rismarini dan pasangannya, Gus Hans atau Zahrul Azhar Asumta. Ada pula bakal calon gubernur Luluk Nur Hamidah, dan bakal calon wakil gubernur Lukmanul Hakim. Juga bakal-bakal calon lain dari berbagai daerah. Mereka mengikuti proses di KPU Jawa Timur.

Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Haidar Mundjid mengatakan, pemeriksaan kesehatan direncanakan berlangsung dua hari. Sabtu dan Minggu. Jadwalnya dibagi antara pemeriksaan fisik dulu atau jiwa dulu.

Jika hari ini pasangan bakal calon menjalani pemeriksaan kesehan fisik, maka pemeriksaan jiwa dilakukan besok. Begitu pula sebaliknya.

”Jadi prosesnya bergantian seperti itu,” ungkap Haidar saat berada di RSUD Dr Soetomo Sabtu siang (31/8/2024).

Haidar menambahkan, semua pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati (bacabup dan bacawabup) Sidoarjo sudah hadir. H Subandi dan Hj Mimik Idayana sudah berada di lokasi. pemeriksaan dilakukan di Graha Amerta RSUD Dr Soetomo.

”Jadwal pemeriksaan mulai pukul 07.00 sampai pukul 16.00,” kata mantan ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo itu.  

Foto Bakal calon wakil Bupati Sidoarjo Abah Edi disambut Ketua KPU Sidoarjo Fauzan Adhim dan Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Haidar Mundjid. (Foto: KPU Sidoarjo for Ketik.co.id)Bakal calon wakil Bupati Sidoarjo Abah Edi disambut Ketua KPU Sidoarjo Fauzan Adhim dan Komisioner KPU Sidoarjo Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Haidar Mundjid. (Foto: KPU Sidoarjo for Ketik.co.id)

Ketua KPU Sidoarjo Fauzan Adhim pada Kamis malam (29/8/2024) menjelaskan, pemeriksaan dilakukan di RSUD Dr Soetomo berdasar rekomendasi Dinas Kesehatan Sidoarjo. Ada tiga lokasi yang direkomendasikan. Masing-masing RSUD R. Notopuro Sidoarjo, RSAL dr Ramelan Surabaya, dan RSUD Dr Soetomo Surabaya.

”Ada pula rekom bahwa pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan di rumah sakit yang menjadi tempat pemeriksaan sebelumnya. Pilkada lalu di RSUD Dr Soetomo,” kata Fauzan Adhim.

Setelah pendaftaran dan pemeriksaan, proses selanjutnya ialah penelitian administrasi para bakal calon. Di antaranya, pemeriksaan ijazah dan dokumen-dokumen lain. Penetapan calon akan dilakukan KPU Sidoarjo pada 22 September 2024 mendatang. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Pilkada Sidoarjo 2024 KPU Sidoarjo H Subandi Cabup Sidoarjo Mas Iin Cabup Sidoarjo Hj Mimik Idayana Cawabup Sidoarjo Abah Edi Widodo Cawabup Sidoarjo Pemeriksaan Kesehatan Cakada Sidoarjo RSUD dr Soetomo Surabaya Graha Amerta RSUD Dr Soetomo Surabaya