Plt Bupati H Subandi Dukung Pelaku Usaha Disabilitas dan Buka Kolaborasi dengan Pemkab Sidoarjo

Editor: Fathur Roziq

6 Agustus 2024 22:57 6 Agt 2024 22:57

Thumbnail Plt Bupati H Subandi Dukung Pelaku Usaha Disabilitas dan Buka Kolaborasi dengan Pemkab Sidoarjo Watermark Ketik
Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH MKn menyapa dan memberikan semangat kepada para pelaku usaha disabilitas di Pendopo Delta Wibawa pada Selasa (6/8/2024). (Foto: Sigit/Kominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Para penyandang disabilitas mendapatkan pelatihan tentang peningkatan produk dan manajemen usaha. Pelatihan itu diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo pada Selasa (6/8/2024). Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH MKn menyatakan selalu mendukung pelaku usaha disabilitas agar tumbuh maju.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo menggelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Usaha Mikro Disabilitas dan PKL di Pendopo Delta Wibawa. Ratusan peserta ikut. Bimtek itu juga dihadiri oleh Plt. Bupati H Subandi.

Dalam acara itu, Plt Bupati Subandi menyapa dengan ramah para pelaku usaha disabilitas. Mereka disalami. Diajak untuk terus bersemangat dalam mengembangkan usaha. Subandi juga mencicipi kuliner hasil usaha para penyandang disabiltas.

Kepada mereka, Subandi menyatakan berterima kasih atas peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pelaku UMKM berandil menjaga stabilitas perekonomian di Sidoarjo. Tidak hanya itu.

Keberadaan usaha mikro mampu menurunkan angka pengangguran. Buktinya, tingkat pengangguran terbuka di Sidoarjo turun sekitar 0,75 persen. Dari 8,80 persen menjadi 8,05 persen.

’’Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berkomitmen mendukung para pelaku usaha mikro. Khususnya penyandang disabilitas dan PKL untuk terus berkembang. Siap menghadapi tantangan,” ucap Subandi.

Pendampingan dan pelatihan seperti ini, lanjut dia, akan terus diberikan. Subandi mengajak para pelaku UMKM terus berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan produk usaha.

”Pemkab Sidoarjo membuka kesempatan bagi pelaku usaha disabilitas dan PKL untuk berkolaborasi dalam event-event yang diselenggarakan oleh Pemkab Sidoarjo. Sehingga, sinergi antara Pemkab Sidoarjo dan para pelaku usaha tetap terjaga dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo Muhammad Edi Kurniadi mengatakan, persaingan usaha saat ini sangat ketat. Karena itu, dibutuhkan kemampuan usaha yang andal, tangguh, dan memiliki daya saing yang tinggi. Kemampuan bersaing perlu didukung manajemen usaha dan kualitas produk yang bagus.

”Melalui kegiatan ini kami ingin memberikan wawasan dan motivasi kepada mereka dalam menjalankan usahanya,” ujarnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Sidoarjo Plt Bupati Sidoarjo H Subandi H Subandi Pemkab Sidoarjo Dinas Koperasi Sidoarjo Penyandang Disabilitas Sidoarjo