Pohon Tabebuya di Jalan Protokol Kota Batu Ditata Ulang

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

13 Agustus 2024 05:39 13 Agt 2024 05:39

Thumbnail Pohon Tabebuya di Jalan Protokol Kota Batu Ditata Ulang Watermark Ketik
Pekerja sedang memindahkan pohon tabebuya di Jalan Panglima Sudirman Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Ratusan pohon tabebuya di pinggir Jalan protokol Kota Batu bakal ditata ulang, seiring dengan revitalisasi trotoar yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Batu. 

Kepala DPUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat mengatakan, pohon-pohon di sepanjang jalan protokol, terutama di jalan provinsi akan dipindahkan ke lokasi lain.

"Di antaranya pohon-pohon di area Jalan Payung juga akan dipindahkan ke Jalan Sumber Brantas," terangnya, Selasa (13/8/2024).

Alfi menjelaskan, tujuan dari penataan ulang pohon adalah untuk meningkatkan estetika kota serta memberikan ruang yang lebih aman dan nyaman bagi pejalan kaki.

Ditegaskannya, DPUPR Kota Batu memastikan langkah diambil setelah pertimbangan matang dan telah berkoordinasi dengan pihak terkait. 

"Yang jelas, dengan rencana ini diharapkan kawasan tersebut akan semakin terlihat indah dan tertata dengan baik," urainya.

Menurut Alfi, pohon-pohon yang telah dipindahkan akan memberikan manfaat bagi penghijauan di tempat baru. Hal itu juga diharapkan dapat memperkuat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keberlanjutan ekosistem di Kota Batu.

"Pohon-pohon yang sudah tua dan berpotensi merusak jalan serta bahu jalan karena akarnya yang mengangkat, akan dipotong," terangnya.

Selain itu, Alfi menyampaikan, total ada tujuh titik pedestrian yang dipercantik. Di antaranya adalah ruas Jalan Bromo-Semeru, Dewi Sartika, Panglima Sudirman, Diponegoro, Pattimura, Sultan Agung dan Sutan Hasan Halim. 

"Tujuan utamanya agar warga Kota Batu dan wisatawan yang datang merasa aman dan nyaman saat menggunakan pedestrian," imbuh Alfi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Tabebuya trotoar DPUPR Kota Batu