Priyo Sudibyo Digadang Jadi Calon Kuat Dirut Perumda Tugu Tirta

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

21 Juni 2024 06:32 21 Jun 2024 06:32

Thumbnail Priyo Sudibyo Digadang Jadi Calon Kuat Dirut Perumda Tugu Tirta Watermark Ketik
Kantor Perumda Tugu Tirta, Kota Malang. (Foto: Facebook Perumda Tugu Tirta Kota Malang)

KETIK, MALANG – Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Dirut Perumda) Air Minum Tugu Tirta telah mengumumkan 11 nama yang lolos seleksi administrasi. Salah satu di antaranya terdapat nama Priyo Sudibyo, ketua Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Malang yang digadang memiliki posisi kuat menjadi Dirut Tugu Tirta.

Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang, Ahmad Fuad Rahman menilai bahwa Priyo memiliki kiprah dan pengalaman bagus untuk mengatasi persoalan di Perumda Tugu Tirta. Terlebih ia juga berpengalaman menjadi Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Tirta Kanjuruhan.

“Saya kira Priyo Sudibyo sangat layak, karena mempunyai pengalaman di Kabupaten Malang. Kita tahu jaringannya cukup luas hingga ke pusat dan bisa diterima semua golongan. Kami akan men-support, mudah-mudahan beliau bisa berkompetisi dengan pengalamannya,” ujar Fuad, Jumat (21/6/2024).

Melihat banyaknya persoalan saluran air yang ada di Kota Malang, Fuad mengharapkan pansel dapat memilih calon yang dinilai lebih cerdas, berani, dengan berbekal banyaknya pengalaman.

“Sekarang momentum untuk pergantian kepemimpinan, kami berharap Pj Wali Kota Malang sebagai Kuasa Pemilik Modal (KPM) dapat menyeleksi dengan benar. Usulan saya tentu harus putra daerah (Priyo Sudibyo) yang berani menyelesaikan permasalahan di lapangan,” lanjutnya.

Selama ini banyak aduan masyarakat yang menyatakan tidak puas terhadap kinerja M Nor Muhlas, yang kini kembali mendaftarkan dirinya sebagai calon Dirut Perumda Tugu Tirta. Koordinator Pengaduan Publik Malang Raya, Sudarno bahkan sempat membuat petisi Copot Dirut Perumda Tugu Tirta Kota Malang, dalam hal ini ialah Muhlas.

“Kami Pengaduan Publik Malang Raya mengorganisir pelanggan, karena sering terjadi pipa bocor, terkontaminasi solar hingga pernah memberikan kado ember dan pipa saat HUT PDAM Kota Malang ke-48 sebagai bentuk protes buruknya layanan saat itu,” katanya.

Sudarno menilai Priyo dapat memimpin Perumda Tugu Tirta dengan berbekal kompetensi, keberanian, kemampuan, dan rekam jejak positif yang telah ia cerminkan selama menjadi dewas. Terlebih Priyo mampu terlibat dalam menyelesaikan konflik mata air Sumber Pitu, Tumpang, Kabupaten Malang.

"Priyo Sudibyo mampu memberikan pandangan solutif serta rekam jejak saat menjadi Dewas. Ini yang melatarbelakangi kami memiliki keyakinan kuat bahwa Priyo Sudibyo mampu menjadikan Perumda Tugu Tirta Kota Malang lebih baik," lanjutnya.

Plt Dirut serta Ketua Dewas Perumda Tugu Tirta, Handi Priyanto menjelaskan calon dirut terpilih harus memiliki pengetahuan terhadap tata kelola air. Kurangnya air di Kota Malang membuatnya harus mengandalkan daerah lain seperti Kota Batu dan Kabupaten Malang.

“Sumber air adalah suatu masalah. Faktanya, kita kekurangan air dan tak sesuai dengan kebutuhan warga Kota Malang. Seorang Dirut harus bisa berkolaborasi dengan Malang Raya. Sosok yang akrab dan bisa diterima dua dirut (Kabupaten Malang dan Kota Malang) kita semua tahu siapa,” lanjutnya.

Adapun nama-nama yang lolos dalam tahapan seleksi administrasi sebagai Calon Dirut Perumda Tugu Tirta, meliputi:

1. Achmad Syarifuddin
2. Afwit Freastoni
3. Dani Darmawan
4. H. Khoirul Ansori
5. Jamaluddin
6. M Nor Muhlas
7. Mohammad Indra Gunawan
8. Priyo Sudibyo
9. Tias Alvin Papatria
10. Triyanto
11. Widyo Nugroho.(*)

Tags:

Perumda tugu tirta Calon Dirut Perumda Tugu Tirta Kota Malang Priyo Sudibyo
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1