Ratusan Produsen Mesin Industri dan Produk Elektronik China Jajaki Peluang Pasar Indonesia di IIME 2024

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: M. Rifat

22 Agustus 2024 04:54 22 Agt 2024 04:54

Thumbnail Ratusan Produsen Mesin Industri dan Produk Elektronik China Jajaki Peluang Pasar Indonesia di IIME 2024 Watermark Ketik
Pembukaan China Machinery & Electronic Brand Show di Hall B1 dan B2 JIEXpo Kemayoran, Jakarta (21/8/2024) (Foto: dok. IIME)

KETIK, JAKARTA – Memperkuat hubungan bilateral dan ekonomi antara Indonesia dan China, Kamar Dagang China bersama Peraga Expo menggelar dua pameran dengan tema berbeda, yakni pameran Indonesia International Machinery, Electricity, and New Energy Industry Exhibition (IIME) 2024 dan pameran Indonesia Internatioal Paper Chain and Clean Water Industry Exhibition 2024. 

Pameran mesin industri dan produk elektronik Indonesia yang diselenggarakan 21 – 23 Agustus 2024 di Hall B1 dan B2 JIEXpo Kemayoran ini menghadirkan inovasi dan kemajuan teknologi di bidang mesin industri yang dipadukan dengan teknologi industri kertas dan pulp. 

Melalui pameran ini pemerintah China bermaksud menyebarluaskan potensi produk dari berbagai provinsi yang ada di China. Ratusan perusahaan China dari berbagai provinsi menghadirkan produk-produk terbaik mereka.

Adapun produk-produk yang dipamerkan meliputi kategori Generator dan Perangkat Genset, Produk Transmisi dan Distribusi (peralatan Listrik, trafo sakelar cerdas, perlengkapan tenaga listrik dll, switchgears, kawat dan kabel), produk Energi Baru (modul pembangkit listrik tenaga surya dll, stasiun pengisi daya mobil Listrik, penyimpanan energi), dan masih banyak lagi. 

“Banyak pebisnis Indonesia yang belum memiliki koneksi dengan produsen di China sebab terkendala jarak, waktu, dan biaya. Kami membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan menghadirkan para produsen dan pemasok tangan pertama produk dari China ke Indonesia agar pebisnis Indonesia bisa bertemu langsung,” ujar Liana Bratasida, Ketua Umum Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia sekaligus asosiasi pendukung pameran IIME dan Paper Chain Indonesia.

Ia menjelaskan produsen dari China yang hadir sudah melalui proses kurasi ketat sehingga produk yang dibawa adalah produk-produk berkualitas baik dan tentunya dengan harga yang sangat bersaing.

Sementara Paper Chain Indonesia 2024 dipamerkan berbagai produk mesin dan peralatan pembuatan kertas. Seperti mesin dan peralatan kertas rumah tangga, bahan baku dan bahan tambahan untuk pembuatan kertas, bubur kertas, bahan kimia pembuatan kertas.

Ada juga peralatan teknologi perlindungan lingkungan dan pengolahan limbah pembuatan kertas, otomatisasi pembuatan kertas dan sistem kontrol computer, bahan kimia pengolahan air, teknologi dan peralatan pengolahan air limbah, serta solusi komprehensif untuk pengolahan air.

“Kami mengajak pebisnis Indonesia untuk memanfaatkan dengan baik pameran ini karena akan berdampak besar dalam pengembangan bisnis mereka," ujar Paul Kingsen.

Menurut Federasi Industri Permesinan China (China Machinery Industry Federation/CMIF), industri permesinan China menunjukkan kinerja yang baik pada paruh pertama (H1) tahun ini. 

Sementara inisiatif cerdas dan hijaunya semakin mendapatkan momentum. Dalam enam bulan pertama 2024, produk-produk esensial seperti mobil dan peralatan listrik tumbuh dengan pesat, ungkap federasi itu.

Dalam periode tersebut, nilai tambah industri otomotif meningkat sebesar 9,8 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Sementara itu, CMIF melaporkan peningkatan produksi sekitar 61,5 persen dari 122 jenis produk mekanis yang dipantau oleh federasi tersebut.

Pada H1 2024, industri permesinan China mendapatkan momentum baru, dengan kemajuan di sektor kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) dan robot industri.

Selama periode yang disebutkan itu, produksi dan penjualan NEV tumbuh masing-masing sebesar 30,1 persen dan 32 persen dari tahun sebelumnya, sementara output robot industri meningkat sebesar 9,6 persen. (*)

Tombol Google News

Tags:

IIME Kamar Dagang China peraga expo