RSUD Syamrabu Bangkalan Tingkatkan Layanan dengan Pembukaan Unit Transfusi Darah

Jurnalis: Ismail Hasyim
Editor: Mustopa

15 Mei 2024 07:18 15 Mei 2024 07:18

Thumbnail RSUD Syamrabu Bangkalan Tingkatkan Layanan dengan Pembukaan Unit Transfusi Darah Watermark Ketik
Ruangan UTD di RSUD Syamrabu Bangkalan, (15/05/2024) (Foto : Humas Pemkab Bangkalan)

KETIK, BANGKALAN – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, RSUD Syamrabu Bangkalan terus berinovasi. Baru-baru ini telah dibuka unit transfusi darah atau UTD dengan mengimplementasikan sistem pneumatic tube untuk pengujian sampel darah di laboratorium patologi klinik. 

Peluncuran layanan dan inovasi baru ini dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan, Dr. Arief M Edie. Peresmian ditandai dengan pemotongan untaian bunga oleh Pj Bupati, didampingi Direktur RSUD Syamrabu, dr. Farhat Suryaningrat, dan Sekda Bangkalan, Taufan Zairinsjah. 

Acara tersebut dilanjutkan dengan peninjauan ruangan UTD dan laboratorium patologi klinik, tempat sistem pneumatic tube diterapkan.

Direktur RSUD Syamrabu, dr. Farhat Surya Ningrat menjelaskan bahwa dengan adanya sistem pneumatic tube, sampel darah pasien dapat dikirim langsung dari UGD ke laboratorium, sehingga keluarga pasien tidak perlu lagi mengantarkan sampel darah. 

"Inovasi ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan sampel darah pasien, meningkatkan sterilitas sampel, dan membuat proses pengujian lebih cepat, efektif, dan aman," jelas dr. Farhat. Rabu (15/05/2024).

Layanan UTD baru ini juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan darah yang tinggi di RSUD Syamrabu, terutama ketika stok darah di PMI seringkali kosong. 

"Ini merupakan langkah pertama bagi rumah sakit daerah di Madura dalam menyediakan UTD sendiri, dan masih jarang terjadi di Jawa Timur," tambahnya.

Foto Pj Bupati Areif M Edie dan dr. Farhat Surya Ningrat Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan. (15/05/2024) (Foto Humas Pemkab/Ketik.co.id)Pj Bupati Areif M Edie dan dr. Farhat Surya Ningrat Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan. (15/05/2024) (Foto Humas Pemkab/Ketik.co.id)

Pj Bupati Bangkalan, Dr. Arief M Edie, menambahkan bahwa RSUD Syamrabu sebagai BLUD dapat menggunakan pendapatannya untuk langsung meningkatkan layanan kesehatan. 

Dengan adanya UTD dan pneumatic tube ini, di samping fasilitas laboratorium patologi kliniknya menjadi lebih canggih, kualitas hasil uji laboratoriumnya lebih memberikan kepercayaan pada masyarakat karena setara dengan rumah sakit tipe A seperti RSUD dr. Soetomo di Surabaya.

"Penambahan inovasi layanan dan alat canggih harus selalu diikuti dengan peningkatan pelayanan bagi masyarakat," tandasnya.(*).

Tags:

Layanan UTD RSUD Syamrabu Bupati Bangkalan'