Semangat Nusantara Baru, Indonesia Maju, Plt Bupati Subandi: Mari Bangun Sidoarjo Lebih Baik Lagi

Editor: Fathur Roziq

16 Agustus 2024 17:30 16 Agt 2024 17:30

Thumbnail Semangat Nusantara Baru, Indonesia Maju, Plt Bupati Subandi: Mari Bangun Sidoarjo Lebih Baik Lagi Watermark Ketik
Plt Bupati H Subandi berfoto bersama Forkopimda Sidoarjo dan Ketua Bawaslu Sidoarjo Agung Nugraha setelah upacara pada 17 Agustus 2024. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Nuansa Bhinneka Tunggal Ika mewarnai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia (RI) di Alun-Alun Sidoarjo. Busana adat dari berbagai daerah di Nusantara dikenakan peserta. Dari Sabang sampai Merauke. Plt Bupati Sidoarjo H Subandi dan istri dan hadirin mengenakannya secara eksotis.

Plt Bupati H Subandi menjadi inspektur upacara pada Sabtu pagi (17/8/2024) itu. Beserta istri, dr Sriatun, Subandi pun kompak memakai baju adat Palembang, Sumatera Selatan. Kepala-kepala OPD seluruh Kabupaten Sidoarjo juga ikut menggunakan pakaian adat.

Subandi mengatakan, makna perayaan kemerdekaan dengan memakai baju adat mengingatkan kita. Bahwa Republik Indonesia tetap bersatu dengan Bhinneka Tunggal Ika. Bersama membangun Indonesia, khususnya Kabupaten Sidoarjo.

”Kostum adat ini mengajarkan kita. Meskipun berbeda kita tetap satu, khususnya untuk warga Sidoarjo. Marilah kita saling memiliki Sidoarjo bersama dengan cara membangun Sidoarjo lebih baik lagi,” ungkapnya.

Subandi juga mengajak seluruh generasi muda untuk  membangun semangat persatuan dan kerja keras dalam mewujudkan Sidoarjo yang lebih maju. Pas dengan tema HUT RI 2024 ini, "Nusantara Baru, Indonesia Maju".

”Saya juga ingin generasi muda yang menjadi generasi emas bangsa memiliki kecintaan kepada Sidoarjo dengan cara meluangkan ide-ide kreatifnya untuk pembangunan Sidoarjo,” ujarnya.

Upacara peringatan HUT Ke-79 RI ini juga dihadiri oleh 100 elemen masyarakat yang mendapat undangan langsung dari Bupati Sidoarjo. Mereka cara mendaftarkan diri melalui Instagram pada 12 dan 13 Agustus 2024. Mereka adalah tokoh masyarakat, veteran, pelajar, hingga anggota TNI-Polri.

Salah seorang pendaftar, Nova Asrina, mengikuti jalannya upacara sebagai undangan pada peringatan HUT ke-79 RI dengan sangat antusias. Warga Kecamatan Sidoarjo itu mengaku memang ikut daftar. Dia ingat waktunya hanya sampai 1 menit sudah diserbu pendaftar. Nova juga mempersiapkan baju adat untuk hadir.

”Kuota cepat habis. Saya tukarkan tiket 14-15 Agustus 2024 dengan undangan. Terus hadir waktu upacara,” ungkapnya.

Selain upacara pengibaran bendera, peringatan HUT Ke-79 RI ini juga diisi dengan berbagai penampilan menarik. Ada orkestra dan paduan suara dari Jazz Community, marcing band dari SMA Hangtuah 5 Sidoarjo, tarian adat, serta kembang api.

Acara berlanjut dengan foto bersama. Plt Bupati Sidoarjo H Subandi memenuhi ajakan foto dari para kepala OPD. Mereka juga mengenakan baju adat dari Nusantara. Begitu pula para peserta upacara meminta bergantian foto.

Subandi juga menyempatkan diri menyalami para undangan. Ada pensiunan pejabat Pemkab Sidoarjo, para veteran, anggota DPRD Sidoarjo, serta tamu-tamu dari berbagai kalangan. Mereka disambut dengan ramah.

Anggota Forkopimda Sidoarjo pun foto bersama. Mereka terlihat berbincang hangat dan harmonis. Ada Plt Bupati Subandi, Kapolresta Kombespol Christian Tobing, Dandim Letkol Inf Dedyk Wahyu Widodo, Kajari Roy Rovalino Herudiansyah, Ketua DPRD Sidoarjo H Usman, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo Sri Sulastri.  

Setelah prosesi resepsi upacara peringatan HUT Ke-79 RI selesai, acara dilanjutkan dengan ramah Tamah. Bersama-sama menyaksikan video streaming live pidato Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ada pula pengumuman lomba-lomba OPD, lomba kostum terbaik bagi undangan, serta penerimaan remisi umum untuk narapidana. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

HUT Ke-79 RI di Sidoarjo Peringatan HUT Ke-79 RI Sidoarjo H Subandi Plt Bupati Subandi Kombespol Christian Tobing Roy Rovalino