Sempat Tersesat di Gunung Buthak, 6 Pendaki Asal Gresik Ditemukan Selamat

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

31 Juli 2024 11:16 31 Jul 2024 11:16

Thumbnail Sempat Tersesat di Gunung Buthak, 6 Pendaki Asal Gresik Ditemukan Selamat Watermark Ketik
Pendaki gunung Buthak ditemukan selamat usai tersesat. (Foto: BPBD Kota Batu)

KETIK, BATU – Enam Pendaki Gunung Buthak asal Kabupaten Gresik ditemukan selamat usai tersesat saat melakukan perjalanan turun ke pos pendakian dari jalur Panderman Kota Batu, Rabu (31/07/2024).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan Tim Rescue Gabungan melakukan pencarian keenam pendaki tersebut. Mereka ditemukan selamat setelah hampir 8 jam pencarian.

"Enam pendaki ini tersesat saat turun dari Gunung Buthak karena kemarin cuaca hujan dan berkabut tebal," jelasnya.

Agung menguraikan, keenam pendaki ini melakukan pendakian ke Gunung Buthak pada Selasa (30/7/ 2024) Pukul 09.10 WIB melalui Pos Pendakian Gunung Panderman Buthak.

Kemudian, pada pukul 16.00 WIB mereka telah mencapai puncak Gunung Buthak. Saat mereka turun pada pukul 21.00 WIB kondisi cuaca berkabut tebal dan tanda jalan tidak terlihat. 

"Salah satu korban menghubungi keluarganya yang ada di Malang bahwa mereka tersesat. Kemudian keluarga menghubungi pos pendakian dan BPBD Kota Batu," urainya.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, Tim Rescue Gabungan melakukan koordinasi dan melakukan proses evakuasi pada rabu, 31 Juli 2024 pukul 02.00 WIB melalui jalur pendakian Panderman Buthak. Akhirnya pada Pukul 06.35 WIB, keenam pendaki ditemukan dalam kondisi selamat.

"Korban kami evakuasi turun ke pos pendakian dan langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh PSC 119 Kota Batu," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pendakian Gunung Buthak Pendaki Tersesat Gunung Panderman Bpbd Kota Batu