Soal Tambang, Bunda Indah Ingin Bangun Jalan Agar Tidak Menggangu Warga Lumajang

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: M. Rifat

30 September 2024 09:43 30 Sep 2024 09:43

Thumbnail Soal Tambang, Bunda Indah Ingin Bangun Jalan Agar Tidak Menggangu Warga Lumajang Watermark Ketik
Bunda Indah dan Yudha Adji Kusuma, saat pengundian nomor urut (Foto: Medsos Indah Amperawati)

KETIK, LUMAJANG – Persoalan tambang tidak ada selesainya di Kabupaten Lumajang. Dikatakan Bunda Indah, masalah ini harus selesai dengan solusi yang tepat yang membuat semua pihak aman dan nyaman.

Calon Bupati Lumajang dari Partai Gerindra ini menyebut, jika terpilih jadi Bupati Lumajang maka jalan alternatif tambang harus dibangun. Itu agar angkutan pasir tidak melalui jalan desa dan berpotensi mengganggu masyarakat lainnya.

“Pasir itu memang harus dikeruk (ditambang, red) karena itu terus mengalir dari Gunung Semeru. Di situ ada pemilik izin, ada sopir truk dan ada pekerja tambang. Nah, semuanya harus dibuat nyaman dengan satu solusi, salah satunya dengan jalan alternatif tambang,” kata Bunda Indah dalam podcastnya.

Dijelaskan, jalan khusus tambang ini diperlukan sejauh 10 kilometer, sehingga bisa menghindari jalan desa yang selama ini selalu menjadi persoalan.

“Jalan itu diperlukan, karena selama ini selalu heboh soal jalan tambang itu. Kalau ada jalan khusus tambang, sopirpun aman, dan masyarakat juga tidak terganggu," ucapnya.

"Di sisi lain, portal-portal yang selama ini ada, nantinya tidak akan ada lagi. Karena sering disebut, Lumajang itu kota seribu portal, makanya jalan tambang itu harus dibangun, karena ini sebenarnya mimpi saya yang sudah cukup lama,” ujar Bunda Indah, yang dalam Pilkada mendatang berpasangan dengan Yudha Adji Kusuma, anggota DPRD Lumajang terpilih dari PDI Perjuangan.

Dalam kesempatan podcast yang sama, Bunda Indah yang memilliki nama lengkah Ir. Hj. Indah Amperawati juga berjanji akan melaksanakan program melahirkan gratis bagi warga Lumajang.

Juga akan memberikan kembali honor guru Non Nip yang sempat terhanti karena adanya temuan BPK.

“Saya akan anggarkan kembali untuk persalinan gratis dan honor guru Non NIP, karena itu manfaatnya sangat besar. Apalagi menyangkut guru, itu pasti saya laksanakan,” terangnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bunda Indah Calon Bupati Lumajang Yudha Adji Kusuma SH Pilkada Lumajang nomor urut 2 berita lumajang hari ini