Tips Memulai Bekerja Beda Jurusan Kuliah Bagi Fresh Graduated

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

11 April 2024 02:24 11 Apr 2024 02:24

Thumbnail Tips Memulai Bekerja Beda Jurusan Kuliah Bagi Fresh Graduated Watermark Ketik
Ilustrasi mencari pekerjaan. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Saat ini tidak ada masalah bagi lulusan baru atau fresh graduated untuk bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah yang diambil. Keputusan tersebut tak lantas menjadikan ilmu yang didapat selama kuliah terbuang sia-sia.

Menempuh karir di bidang yang berbeda tetap akan mengantarkan kalian menuju kesuksesan. Meskipun tidak selaras denganjurusan kuliah, ilmu yang didapat tetap dapat diimplementasikan dalam dunia kerja.

Kendati demikian tetap ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membuka jalan bagi karir yang telah dipilih.

1. Ikuti Pelatihan yang Sesuai Dengan Tujuan Karir
Mengikuti beragam pelatihan yang sesuai dengan posisi yang dituju akan menjadikan nilai tambah bagi kalian. Kalian dapat menonjolkan pengalaman ini pada curiculum vitae (cv) maupun ketika melakukan wawancara. Cobalah untuk mengkolaborasikan pelajaran di beberapa mata kuliah yang memiliki keselarasan dengan pelatihan tersebut.

2. Persiapkan Portofolio
Pelatihan dan pengalaman yang telah diikuti dapat diakumulasikan dan dirangkai dalam sebuah portofolio. Semakin beragam dan kaya pengalaman yang kalian cantumkan, maka akan besar pula pengalaman untuk lulus pada pekerjaan impian itu.

3. Pelajari Profil Perusahaan
Penting untuk mencari tahu seluk beluk dan karakteristik perusahaan yang kalian tuju. Buatlah perekrut merasa terkesan dengan pemikiran kalian. Tunjukkan bahwa kalian siap untuk bekerja di perusahaan tersebut sebagai pribadi yang proaktif dan terbuka.

4. Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing
Setiap bidang pekerjaan biasanya membutuhkan tenaga kerja yang dapat menguasai bahasa asing. Salah satunya Bahasa Inggris yang kini telah menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap tenaga kerja. Perkaya lagi kemampuan berbahasa kalian dengan mempelajari bahasa dari negara lainnya, misalnya Bahasa Mandarin, Jepang, Arab, dan sebagainya. (*)

Tags:

Mencari Pekerjaan Fresh Graduated Jurusan Kuliah Tidak Sesuai Jurusan kerja
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1