Upacara Peringatan HUT RI di Kota Batu Dirangkai Dengan Penyerahan Penghargaan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

17 Agustus 2024 08:00 17 Agt 2024 08:00

Thumbnail Upacara Peringatan HUT RI di Kota Batu Dirangkai Dengan Penyerahan Penghargaan Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu menyerahkan penghargaan juara ke desa pemenang Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tahun 2024 usai Upacara HUT ke 79 Kemerdekaan RI di Balai Kota Among Tani, Sabtu (17/8/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemkot Batu Upacara Peringatan HUT Ke-79 RI di Kota Batu, Sabtu, (17/8/2024). Upacara yang digelar Pemkot Batu di Balai Kota Among Tani dirangkai dengan penyerahan penghargaan tahun 2024. 

Penghargaan tersebut diserahkan PJ Wali Kota Batu bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu.

Pertama untuk Pemenang Lomba Pelaksana Terbaik Bulan Bakti Gotong Royong dengan Juara I Desa Sumbergondo, Juara I Lomba BUMDes diraih oleh BUMDes Beji Makmur Desa Beji, Juara I Lomba Desa dan Kelurahan diraih Desa Tulungrejo,.

"Juga diserahkan apresiasi kepada desa dengan Penyerapan ADD Tertinggi," kata Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.

Foto Pj Wali Kota Batu menyerahkan bendera merah putih ke Paskibraka dalam Upacara HUT ke 79 Kemerdekaan RI di Balai Kota Among Tani, Sabtu (17/8/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)Pj Wali Kota Batu menyerahkan bendera merah putih ke Paskibraka dalam Upacara HUT ke 79 Kemerdekaan RI di Balai Kota Among Tani, Sabtu (17/8/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

Aries menyebutkan, desa dengan penyerapan ADD Tertinggi yaitu Desa Sumbergondo, Desa dengan Penyerapan DD Tercepat yaitu Desa Junrejo, Desa dengan Jumlah Nominal Transaksi Non Tunai Terbanyak yaitu Desa Oro-oro Ombo, dan Desa dengan Jumlah Transaksi Non Tunai Terbanyak yaitu Desa Mojorejo. 

"Juga diserahkan penghargaan hasil Lomba Hias Gapura Kota Batu dengan Juara I Desa Sumberejo, Juara II Kelurahan Temas dan Juara III Desa Sidomulyo," jelasnya.

Diketahui, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (P3AP2KB) memberikan penghargaan ke Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji sebagai juara 1 Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tahun 2024.

Kepala Dinas P3AP2KB Kota Batu, Ririk Mashuri menyampaikan pelaksanaan bulan bakti gotong royong tahun 2024 sesuai dengan Peraturan menteri dalam Negeri Nomor 42 tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan BBGRM. yang salah satu rangkaian kegiatannya adalah penilaian pelaksana gotong royong terbaik tahun 2004.

"Penilaian administrasi kami lakukan di tanggal 22 Juli 2024, dan tinjau lapang tanggal 23 Juli 2024," urainya. Ririk menjelaskan, penilaian pelaksana gotong royong terbaik tahun 2004 dilaksanakan melalui tiga bidang. Yaitu bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang sosial budaya keagamaan dan bidang kesehatan dan lingkungan.

Bulan bakti gotong royong tahun 2024, lanjut Ririk, dalam rangka pengentasan kemiskinan. Pihaknya memberikan stimulan agar masyarakat bisa bergotong royong untuk peningkatan perekonomian, kesehatan dan sosial budaya.

"Nah itu nanti kan sejalan dengan program pusat untuk meningkatkan pendapatan dan mengentaskan kemiskinan," jelasnya. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu HUT kemerdekaan ke-79 RI Upacara