Wakili Provinsi Bengkulu, Desa IV Suku Menanti Rejang Lebong Masuk 50 Besar ADWI 2024

Jurnalis: Reno Diqqi Alghzali
Editor: M. Rifat

28 Mei 2024 07:01 28 Mei 2024 07:01

Thumbnail Wakili Provinsi Bengkulu, Desa IV Suku Menanti Rejang Lebong Masuk 50 Besar ADWI 2024 Watermark Ketik
Tampilan pengumuman 50 Besar ADWI 2024 di akun sosial media kemeparekraf RI (27/5/2024) (Foto: Dok. Pribadi)

KETIK, REJANG LEBONG – Desa IV Suku Menanti di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, berhasil masuk dalam 50 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Anton Seprizal, Camat Sindang Dataran mengatakan, Desa IV Suku Menanti adalah salah satu desa di Kecamatan Sindang Dataran yang memiliki potensi wisata unggulan berupa air terjun, perkebunan apel, dan jeruk.

"Desa IV Suku Menanti berhasil masuk 50 besar ADWI Tahun 2024 pada Minggu malam tanggal 26 Mei kemarin," kata Anton.

Pengumuman 50 besar penilaian ADWI Tahun 2024 tersebut dibacakan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, di website jejaring desa wisata (jadesta) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Keberhasilan Desa Wisata IV Suku Menanti masuk dalam 50 besar ADWI 2024 ini didapatkan setelah desa tersebut menjadi juara I dalam lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu pada tahun 2023.

Setelah meraih kemenangan di tingkat provinsi, Desa IV Suku Menanti berpartisipasi dalam penilaian ADWI Tahun 2024 bersama desa wisata lainnya di Provinsi Bengkulu.

Foto Agrowisata petik apel sendiri di Desa empat suku menanti (Foto: Soleh Siregar for ketik.co.id)Agrowisata petik apel sendiri di Desa empat suku menanti (Foto: Soleh Siregar for Ketik.co.id)

Desa Wisata IV Suku Menanti memiliki potensi wisata unggulan seperti perkebunan apel yang merupakan satu-satunya di Provinsi Bengkulu, perkebunan jeruk, dan kampung kopi.

Selain itu, terdapat pula potensi wisata alam berupa Air Terjun Pemandian Punai yang memiliki beberapa air terjun dalam satu kompleks.

Semua potensi wisata yang dimiliki Desa IV Suku Menanti telah terintegrasi dengan BUMDes Air Lang Jaya, badan usaha milik desa tersebut.

Setelah berhasil masuk dalam 50 besar ADWI Tahun 2024, pihak desa akan mempersiapkan diri untuk penilaian berikutnya, termasuk kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Hal ini merujuk pada pengalaman Desa Belitar Seberang di Kecamatan Sindang Kelingi yang masuk dalam 50 besar pada tahun 2022 dan dikunjungi langsung oleh Menparekraf.

Saat ini, pihak desa masih menunggu informasi resmi mengenai kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno ke desa yang masuk 50 besar ADWI Tahun 2024. Informasi tersebut diharapkan dapat diperoleh dari Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong maupun Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu. (*)

Tags:

ADWI 2024 Rejang Lebong desa wisata Ayo Ke Rejang Lebong
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1