123 Atlet Kabupaten Bandung Siap Capai Target Jabar Hattrick Juara di PON XXI Aceh-Sumut

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

24 Februari 2024 20:17 24 Feb 2024 20:17

Thumbnail 123 Atlet Kabupaten Bandung Siap Capai Target Jabar Hattrick Juara di PON XXI Aceh-Sumut Watermark Ketik
Ketua KONI Kabupaten Bandung Yana Suryana di Stadion Jalak Harupat, Soreang, Jumat (23/2/24).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Sebanyak 123 atlet asal Kabupaten Bandung bakal memperkuat target Jabar Hattrick Juara Umum di PON XXI/ Aceh-Sumut, September 2024. Ke-123 atlet tersebut kini bergabung dalam tim Pelatda Jabar. Tidak hanya itu, ada pula 29 orang pelatih yang terlibat. 

"Alhamdulillah, ada peningkatan yang cukup signifikan dalam jumlah atlet yang dipanggil memperkuat tim Pelatda Jabar," kata Ketua KONI Kabupaten Bandung Yana Suryana di Stadion Jalak Harupat, Soreang, Jumat (23/2/2024). 

Waktu PON XX Papua, lanjut Yana, Kabupaten Bandung menyumbangkan 90 atlet dan pelatih. "Sekarang ada 123 atlet plus 29 pelatih yang bergabung dengan tim Pelatda Jabar," sebutnya.

Yana yang akrab disapa Ustaz Persib ini berharap, tidak hanya bertambah jumlah atlet dan pelatih, tapi bertambah pula perolehan medalinya. Seperti diketahui pada PON XX Papua tahun 2021, atlet Kabupaten Bandung merebut 19 medali emas, 19 perak, 22 perunggu.

"Semoga perolehan medalinya bisa meningkat 100 persen dibandingkan saat PON XX Papua. Saya cukup yakin kualitas atlet Kabupaten Bandung sudah diakui. Dengan begitu target Jabar Hattrick bisa terwujud," kata Ustaz Persib. 

Untuk memberikan support kepada atlet yang sedang berlatih, Yana mengaku telah menyusun jadwal monitoring ke tempat berlatih tim Pelatda Jabar. 

“KONI sedang menyusun jadwal, dengan Dispora akan melakukan monev. Meskipun segala kebutuhan atlet sudah dipenuhi oleh KONI Jabar, mulai dari fasilitas atau prasarana dan sarana, kami tetap akan memberikan support, baik berupa tambahan uang saku maupun multi vitamin untuk para atlet dan pelatih," imbuhnya. 

Yana mengatakan, atlet Kabupaten Bandung tersebar di beberapa cabang olahraga. Di antaranya dayung, gulat, hoki, wushu, tarung derajat, panjat tebing, angkat besi, binaraga dan beberapa cabor lainnya.

Ada beberapa cabor yang melaksanakan pemusatan latihan di wilayah Kabupaten Bandung, seperti tarung derajat dan panjat tebing di SOR Jalak Harupat. Wushu di Ibun, Atletik di Pangalengan, Aeromodeling di Lanud Sulaeman dan Dansa Sport di Gedung IODI Taman Kopo. 

Yana pun berharap dengan adanya Pelatda PON Jabar ini, Pemkab Bandung akan segera mencairkan anggaran hibah PON. 

“Insya Allah tidak lama lagi, Pemkab Bandung akan mencairkan anggaran hibah. Karena kita juga butuh suntikan anggaran untuk atlet-atlet kita yang berlaga di Pelatda PON Jabar," ucapnya. ***
 

Tags:

koni KONI KABUPATEN BANDUNG PON PON Aceh-Sumut PON 2024 atlet KABUPATEN BANDUNG