200 KK di Dusun Pepen Kabupaten Malang Krisis Air Bersih, Polres Kirim Bantuan Air

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

21 Februari 2024 08:40 21 Feb 2024 08:40

Thumbnail 200 KK di Dusun Pepen Kabupaten Malang Krisis Air Bersih, Polres Kirim Bantuan Air Watermark Ketik
Polres Malang ketika mengirimkan bantuan ke Dusun Pepen yang mengalami krisis air bersih (20/2/2024). (Foto: Humas Polres Malang)

KETIK, MALANG – Sebanyak 200 KK (Kepala Keluarga) di Dusun Pepen, Desa Mojosari, Kabupaten Malang, mengalami krisis air bersih. Untuk mengatasi hal itu, Polres Malang membantu masyarakat dengan mengirim air bersih, Selasa, (20/2/2024).

Pengiriman bantuan air bersih bersih menggunakan mobil tangki milik Polres Malang. Kasubsipenmas Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara mengatakan, bantuan air bersih tersebut merupakan langkah konkret Polres Malang dalam meringankan beban warga.

"Pendistribusian air bersih dilakukan sebagai upaya meringankan beban warga terdampak kesulitan air bersih akibat perbaikan sarana air bersih swadaya milik warga," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dampak krisis air tersebut berimbas pada kebutuhan sehari-hari seperti mencuci dan memasak. Terlebih air bersih merupakan kebutuhan masyarakat.

"Akibat perbaikan Hipam swadaya warga yang mengakibatkan menurunnya debit air sarana penyedia air bersih, Budhi Daya Tirta Guna," kata Perwira Menengah atau Pamen Kepolisian ini.

Ia menyebutkan, pendistribusian dilakukan menggunakan truk tangki air berkapasitas 4.000 liter, yang telah mengirimkan bantuan air bersih kepada warga Dusun Pepen sejak 19 Februari 2024. 

"Hingga saat ini, sudah tiga tangki air bersih didistribusikan kepada warga, dengan rencana pendistribusian akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan," ungkapnya.

Pasokan air yang dilakukan oleh Polres Malang tersebut mencukupi untuk 200 KK dari 5 RT menjadi tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

"Pendistribusian air bersih dilakukan untuk membantu meringankan kebutuhan warga. Kemarin Senin (19/2) kami distribusikan di RT 01 dan RT 02 Dusun Pepen, hari ini kita lakukan lagi pendistribusian air," tambahnya.

Ipda Dicka menyebutkan, pendistribusian air bersih oleh kepolisian bukan hanya sebagai bentuk respons terhadap keluhan warga, tetapi juga mencerminkan peran aktif kepolisian dalam menangani masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat. 

"Pendistribusian air bersih menjadi bukti bahwa kepolisian tidak hanya bertanggung jawab dalam pengamanan dan penegakan hukum, tetapi juga turut berperan aktif dalam menangani masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat," tuturnya. (*)

Tags:

Polres Malang Kabupaten Malang KRISIS AIR