24 Jam Nonstop, Catat Rangkaian Acara Harlah 1 Abad NU 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

24 Januari 2023 15:45 24 Jan 2023 15:45

Thumbnail 24 Jam Nonstop, Catat Rangkaian Acara Harlah 1 Abad NU  Watermark Ketik
Logo 1 abad NU. (Foto: Dok. Nahadatul Ulama (NU)

KETIK, SURABAYA – Pengurus Besar (PB) Nahdatul Ulama (NU) akan menggelar pucak Peringatan Hari lahir Satu Abad NU pada Selasa (7/2/2023) mendatang. Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf mengatakan bahwa rangkaian acara peringatan satu abad NU masih akan digelar hingga puncak peringatan. 

Acara ini dihadiri oleh Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) H Yaqut Cholil Qoumas, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Saifullah Yusuf, dan Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali. Tampak hadir pula Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jawa Timur serta segenap jajaran panitia. 

Terdapat sejumlah agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut, diantaranya adalah pemaparan rundown atau rangkaian acara terkini yang disampaikan oleh H Rahmat Hidayat Pulungan selaku juru bicara panitia Resepsi Puncak 1 Abad NU. 

“Acara ini nantinya akan berlangsung 24 jam dan secara sederhananya kita bagi menjadi lima segmen. Pertama adalah segmen ritual NU sesuai adat, kita mulai jam 12 malam sampai jam 7.30 pagi. Segmen ini rundownnya terus berkembang, Alhamdulillah semakin banyak masukan semakin bagus,” papar Gus Rahmat. 

Harlah NU yang akan digelar di panggung parkir timur Stadion Gelora Delta pada tanggal 07 Februari 2023 nanti. Mulai dari Lailatul Qiroah pukul 00.00-04.00 yang akan dihadiri Habib Syech Said Agil Munawar, kemudian pembacaan Manaqib Syech Abdul Qodir Jaelani dipimpin oleh Maulana Syech As-Syarif Prof DR Muhammad Fadhil Al Jilani. 

Setelah itu, berlanjut dengan acara Shalawatan dipimpin oleh Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf pukul 05.00-07.00 WIB. 

Adapun segmen kedua pukul 07.00-11.00, yakni resepsi yang akan dihadiri oleh Presiden RI dan ulama sedunia, acara ini diawali dengan pembacaan Istighotsah di dalam Stadion Gelora Delta Sidoarjo, disambung dengan pembacaan puisi oleh KH Zawawi Imron dan pemukulan bedug digital sebagai pertanda memasuki abad kedua NU. 

Berikutnya, akan ada acara hiburan qasidah dari beberapa grup musik yang sudah populer di Jatim, lalu orchestra terbesar dalam panggung Indonesia, serta lantunan Shalawat Asyghil yang akan dibawakan oleh tiga orang santri pemenang lomba video yang digelar PBNU beberapa waktu lalu. 

Segmen ketiga pukul 14.00-17.30, akan ada sajian karnaval nusantara dengan diiringi oleh penampilan kolosal ribuan Banser dan dibelakangnya diikuti tarian sufi serta tarian-tarian nusantara, start dari Alun-alun Sidoarjo dan finish di Parkir Timur Stadion Gelora Delta. Segmen ini akan ditutup dengan happening art sticky note doa harapan untuk NUAbad kedua. 

“Sedangkan di segmen keempat pukul 18.00-23.00 adalah hiburan rakyat, pada malam harinya akan ada panggung hiburan rakyat di dalam Stadion Gelora Delta dan diisi oleh tiga grup band yang akan mewakili tiga lapisan masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya, yakni Maher Zain, SLANK dan Rhoma Irama,” jelas Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU tersebut. 

Adapun segmen ke lima pukul 00.00-23.55, yakni bazaar UMKM hingga kuliner nusantara di area parkir timur Stadion Delta Sidoarjo dan enam lokasi lainnya. Sebagaimana diketahui, acara Resepsi Puncak Peringatan 1 Abad NU akan dimulai pukul 00.00 dini hari Selasa (07/02/2023) hingga pukul 00.00 di hari berikutnya, Rabu (08/02/2023). (*)

Sumber: jatim.nu

Tags:

NU Satu Abad PBNU Harlah 1 abad
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1