2.500 Penegak dan Pandega Ikuti Peran Saka Jatim 2024, Arum Sabil: Teruslah Belajar dan Berlatih

Jurnalis: Sutejo Rc
Editor: Marno

12 September 2024 06:03 12 Sep 2024 06:03

Thumbnail 2.500 Penegak dan Pandega Ikuti Peran Saka Jatim 2024, Arum Sabil: Teruslah Belajar dan Berlatih Watermark Ketik
HM Arum Sabil bersama pimpinan Kwarda Pramuka Jatim memukul kentongan saat pembukaan Peran Saka. (Foto : Sutejo Rc/Ketik.co.id)

KETIK, BOJONEGORO – Sebanyak 2.500 penegak dan pandega mengikuti Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung di Bumi Perkemahan Kokobo Dander Forest, Bojonegoro, 11-16 September 2024.

Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur HM. Arum Sabil mengajak, agar Pramuka Penegak dan Pandega untuk terus belajar dan berlatih.

"Teruslah belajar dan berlatih, tingkatkan 
keterampilan adik-adik," ujar Arum Sabil saat pembukaan, Rabu Malam, 11 September 2024.

Lebih lanjut Arum Sabil menambahkan, selain meningkatkan ketrampilan, anggota Pramuka harus terus meningkatkan pengabdian.

 "Teruslah peduli terhadap sesama,  jaga lingkungan hidup, bantulah masyarakat yang membutuhkan. Dan selalu hadirlah di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan keahlian dan keterampilan adik-adik," pinta Arum Sabil.

Foto Pimpinan Kwarda Jatim foto bersama peserta Peran Saka setelah pembukaan. (foto : Sutejo Rc / ketik.co.id)Pimpinan Kwarda Pramuka Jatim foto bersama peserta Peran Saka setelah pembukaan. (Foto: Sutejo Rc/Ketik.co.id)

Kak Kwarda menjelaskan, Peran Saka merupakan ajang pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega yang menjadi anggota Satuan Karya Pramuka di Jawa Timur.

Peran Saka juga menjadi salah satu kawah candradimuka untuk mengantarkan generasi muda Indonesia menjadi generasi yang bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
 
Selain itu, kegiatan ini untuk membekali diri menjadi patriot NKRI dan mengamalkan Pancasila. Tak hanya itu, Peran Saka sebagai tempat penggemblengan pribadi untuk menjadi pribadi yang kuat, terlatih, tangkas, ungggul, berkarakter dan pengamal nilai Satya dan Darma Pramuka.

Satuan Karya Pramuka, merupakan wadah 
pendidikan dan organisasi bagi anggota 
Pramuka Penegak dan  Pandega, 
yang mempunyai fungsi untuk :
1. Menyalurkan minat dan bakat anggota 
Pramuka.
2. Mengembangkan pengetahuan dan 
keterampilan anggota Pramuka.
3. Melakukan kegiatan nyata sebagai 
pengabdian kepada masyarakat.

Gerakan Pramuka secara nasional untuk 
menyalurkan minat dan bakat anggota 
Pramuka, menyediakan 12 satuan karya 
Pramuka, yaitu Bahari, Dirgantara, Bhayangkara,  Tarunabumi, Wanabakti, Bakti Husada,  Kencana, Wira Kartika,  Kalpataru, Widya Budaya Bakti, Pariwisata.

Foto Peran Saka merupakan ajang  untuk gelar Penegak dan Pandega yang tergabung dalam Satuan Karya.  (foto : Sutejo Rc / ketik.co.id)Peran Saka merupakan ajang untuk gelar Penegak dan Pandega yang tergabung dalam Satuan Karya. (Foto : Sutejo Rc/Ketik.co.id)

Dii Jatim secara khusus lahir 2 Saka rintisan baru yaitu Saka Praja Wibawa dan Saka Penanggulangan Bencana. Sebelumnya juga eksis Saka SAR.

Menurut Ketua Sangga Kerja Peran Saka Jatim Satriya Kusuma, kegiatan dengan tema Melesat  Melatih Life Skill Bersama Satuan Karya ini dikemas dalam bentuk perkemahan, yang menyenangkan dan penuh keterampilan.

Satriya memaparkan, ada 55 jenis kegiatan dari 8 sub kegiatan, di antaranya, giat umum, khusus, eksibishi,  pendalaman krida, sub camp, bakti, festival dan champion.(*)

Tombol Google News

Tags:

Peran Saka Kwarda Jatim DKD Jatim Satuan Karya Pramuka Jatim