26 Jemaah Haji Indonesia Masih Tertahan di Arab Saudi

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

29 Agustus 2023 04:05 29 Agt 2023 04:05

Thumbnail 26 Jemaah Haji Indonesia Masih Tertahan di Arab Saudi Watermark Ketik
Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam (Foto: Kemenag)

KETIK, JAKARTA – Sebanyak 26 jemaah haji Indonesia dilaporkan masih berada di Arab Saudi meski operasional haji resmi berakhir pada 5 Agustus 2023 lalu. Jemaah tersebut masih belum bisa dipulangkan ke tanah air karena sakit.

Menurut Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam, jemaah tersebut masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Arab Saudi. Baik di Mekkah, Madinah dan Jeddah.

”Sampai hari ini masih ada 26 jemaah yang dirawat. Sebanyak 12 jemaah dirawat di RS Madinah, 11 jemaah di RS Makkah, dan 3 jemaah di RS Jeddah,” ungkap Nasrullah dalam keterangannya, Selasa (29/8/2023).

Dari 26 jemaah yang masih tertahan di Arab Saudi karena sakit, 10 di antaranya sudah mendapatkan keterangan layak terbang. Tinggal menunggu proses pemulangan.

”Ada lima jemaah yang di Makkah dan lima jemaah di Madinah yang sedang dalam proses untuk diantar pulang ke Tanah Air,” lanjut Nasrullah.

”Semoga jemaah yang dirawat di RS Arab Saudi ini semua lekas sehat, sehingga bisa kembali ke tanah air dan berkumpul dengan keluarga,” tegasnya.

Lebih lanjut, Nasrullah menyebutkan bahwa ada 35 jemaah haji yang meninggal di Arab Saudi pasca penutupan operasional haji 2003. Jumlah Itu menambah daftar jemaah yang meninggal sebanyak 775 orang selama masa operasional.(*)

Tombol Google News

Tags:

jemaah haji Arab Saudi