444 Mahasiswa Terima Beasiswa Pemuda Tangguh dari Pemkot Surabaya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

5 September 2024 01:26 5 Sep 2024 01:26

Thumbnail 444 Mahasiswa Terima Beasiswa Pemuda Tangguh dari Pemkot Surabaya Watermark Ketik
Proses daftar ulang para mahasiswa penerima beasiswa Pemuda Tangguh 2024. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali memberikan beasiswa Pemuda Tangguh tahun 2024 kepada 444 mahasiswa. Berjalan sejak 2022, program ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan SDM di Kota Surabaya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Hidayat Syah mengatakan sebelumnya para mahasiswa ini telah melakukan pendaftaran di website besmart.surabaya.go.id.

Setelah dinyatakan lolos para mahasiswa ini harus melakukan daftar ulang di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Surabaya, pada 2-4 September 2024 mulai pukul 08.00-14.00 WIB.

"Melalui program ini mahasiswa akan mendapatkan bantuan biaya UKT di PTN tempatnya menempuh pendidikan. Besaran UKT disesuaikan dengan masing-masing PTN," jelas Hidayat, Rabu 4 September 2024.

Selain mendapatkan bantuan UKT, mahasiswa penerima beasiswa Pemuda Tangguh ini juga akan mendapatkan bantuan berupa uang saku sebesar Rp500 ribu per bulan selama 10 bulan masa kuliah efektif, dan juga mendapatkan biaya penunjang perkuliahan sebesar Rp750 ribu setiap semester.

"Program ini berlaku bagi mahasiswa yang ber-KTP Surabaya. Sekalin bantuan UKT kita juga bantu uang saku dan biaya penunjang," tambahnya.

Hingga saat ini, sudah ada 14 PTN yang bekerja sama dengan program Beasiswa Pemuda Tangguh di antaranya ITS, PENS, PPNS, UINSA, Poltekkes, Unair, UNS, Unesa, UPN, Trunojoyo, ITB, Brawijaya, UGM, dan Universitas Terbuka.

Saat menjalani bangku perkuliahan, para mahasiswa penerima beasiswa Pemuda Tangguh akan dipantau secara intensif. Pemkot Surabaya bersama PTN akan melakukan evaluasi setiap semester. Evaluasi tersebut meliputi Indeks Prestasi Kumulatif, keaktifan kuliah.

"Selain itu kami juga memantau keterlibatan mahasiswa pada program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Pemkot Surabaya," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Pemkot Surabaya mahasiswa Surabaya beasiswa Pemuda Tangguh ptn