5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Self Healing

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

31 Desember 2023 00:41 31 Des 2023 00:41

Thumbnail 5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Self Healing Watermark Ketik
Memulihkan diri sendiri dengan self healing. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Dalam menjalani hidup sering kali kita mengalami luka batin karena dikecewakan orang lain. Hal ini tentu saja membuat kita merasa trauma dan susah untuk kembali percaya. 

Kondisi ini pun akan berpengaruh pada psikis sehingga susah untuk kembali bangkit dan benar-benar sembuh. Terkadang diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk mengobati luka hati yang sudah terlalu dalam.

Dikutip dari Very Well Mind dan American Psychological Association, kita bisa melakukan self healing untuk mongabati luka. Self healing adalah proses untuk menyembuhkan luka batin yang memengaruhi kondisi emosi atau kesehatan.

Berikut 5 hal yang bisa dilakukan untuk self healing

1. Istirahat Lebih Banyak

Self healing bisa kita mulai dengan melakukan langkah sederhana, yakni dengan beristirahat. Istirahat sangat penting untuk mengembalikan energi yang terkuras setelah bergelut dengan permasalahan hidup.

Tidur yang cukup tidak hanya berdampak positif bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan psikis agar pikiran kita dapat kembali jernih dan suasana hati jadi lebih baik.

2. Membuat Jurnal

Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mengungkapkan perasaan kita dengan menulis atau membuat jurnal. Langkah ini cukup efektif pada banyak orang karena akan membuat suasana hati lebih tenang.

Melalui tulisan, kita juga dapat merefleksikan diri dan memahami segala peristiwa rumit yang dialami. Dengan terhubung pada perasaan diri sendiri, kita pun bisa menerima segala sesuatu yang sudah terjadi.

3. Melakukan Self Care

Untuk mengobati diri sendiri tidak ada salahnya kita melakukan self care atau merawat diri sendiri. Setiap orang tentu memiliki beragam cara berbeda dalam melakukan self care.

Dengan menyisihkan waktu untuk self care, kita dapat membuat diri merasa lebih nyaman dan membuat merasa dicintai.

Foto Meditasi merupakan salah satu cara untuk self healing. (Foto: Pexels)Meditasi merupakan salah satu cara untuk self healing. (Foto: Pexels)

4. Melakukan Meditasi

Meditasi sejak dahulu dikenal sebagai cara yang baik untuk menyembuhkan diri dari beragam pengalaman buruk yang kita alami.

Kegiatan ini dilakukan oleh banyak orang untuk mengurangi stres. Teknik meditasi dan mengolah napas juga bisa mengurangi kecemasan dan mencegah depresi. 

5. Melakukan Hobi

Melakukan hobi yang kita sukai juga merupakan cara terbaik untuk self healing. Dengan melakukan hobi kita akan merasa lebih bersemangat.

Bereksplorasi dengan hobi akan menawarkan banyak efek positif, terutama untuk mengasah kreativitas dan pengembangan diri.(*)

Tombol Google News

Tags:

Self healing self care trauma sakit hati Meditasi hobi Menulis jurnal