5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Penyakit Jantung

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

23 Maret 2024 07:54 23 Mar 2024 07:54

Thumbnail 5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Penyakit Jantung Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang penting untuk menjaga kualitas hidup kita. Jantung merupakan salah satu organ vital yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh.

Meski memiliki peran krusial, tetapi banyak orang yang masih mengabaikan kesehatan jantung.

Dalam menjaga kesehatan jantung selain menghindari beragam jenis makanan tertentu. Kita juga harus menjaga pola makan dengan hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung.

Berangkat dari hal tersebut berikut 5 kebiasaan sederhana yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan jantung.

1. Kontrol porsi makan

Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, agar terhindar dari penyakit ini, memperhatikan porsi makan juga memegang peranan penting.

Saat malam tiba, ada baiknya kita menggunakan piring atau mangkuk kecil untuk mengontrol porsi makan. Makanlah lebih banyak makanan rendah kalori dan kaya nutrisi.

2. Perbanyak sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Sayur dan buah juga rendah kalori dan kaya serat pangan.

Sayuran dan buah-buahan, seperti tumbuhan atau makanan nabati lainnya dapat mencegah oenyakit kardiovaskular.

3. Kurangi konsumsi garam

Mengonsumsi garam harian dengan jumlah berlebihan sangat tidak baik bagi jantung. terlalu banyak garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, salah satu faktor risiko penyakit jantung. 

Membatasi garam adalah bagian penting dari pola makan yang menyehatkan jantung.

4. Pilih makanan whole grain

Whole grain atau biji bijian sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat ini berguna untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

5. Pilih sumber protein rendah lemak

Daging tanpa lemak, unggas dan ikan, produk susu rendah lemak, dan telur adalah beberapa sumber protein terbaik. Pilihlah opsi protein yang lebih rendah lemak, seperti dada ayam tanpa kulit daripada roti ayam goreng dan susu skim daripada susu murni.(*)

Tags:

kesehatan jantung kebiasaasn mudah Ptotein Huawei whole grain