5 Manfaat Buah Markisa, Bisa Menjaga Kadar Insulin

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

1 September 2023 06:10 1 Sep 2023 06:10

Thumbnail 5 Manfaat Buah Markisa, Bisa Menjaga Kadar Insulin Watermark Ketik
Buah markisa (Foto: Chefsmandala)

KETIK, JAKARTA – Buah markisa cukup banyak ditemui di Indonesia karena buah ini tumbuh di daerah tropis. Biasanya buah Passiflora Quadrangularis L disajikan sebagai minuman.

Selain menyegarkan, buah markisa ternyata memiliki banyak manfaat di dalamnya yang bagus untuk kesehatan. Buah ini cocok bagi yang punya masalah usus dan penderita diabetes.

Berikut 5 manfaat buah markisa bagi kesehatan:

Melawan Radikal Bebas

Buah markisa kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan aliran darah, terutama di sistem saraf dan otak.

Mengurangi Risiko Kanker

Buah markisa mengandung flavonoid, vitamin A dan bahan kimia fenolik lain yang mampu mencegah kanker. Kandungan piceatannol juga telah terbukti bisa membunuh sel kanker kolorektal.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C, karoten dan cryptoxanthin di dalam buah markisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun.Dengan begitu, tubuh bisa tahan terhadap ancaman berbagai penyakit.

Menjaga Sistem Pencernaan

Buah markisa juga kaya akan serat yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bahkan, buah ini disarankan bagi yang memiliki masalah pada usus dan sembelit karena bisa memperlancar buang air besar.

Menjaga Kadar Insulin

Buah markisa bagus untuk menjaga kadar insulin bagi penderita diabetes. Pasalnya buah ini memiliki indeks glikemik yang cukup rendah dan tidak akan terjadi lonjakan gula darah.(*)

Tombol Google News

Tags:

manfaat Buah Markisa Tips kesehatan