5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Mudik Bersama Keluarga

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

10 Maret 2024 01:44 10 Mar 2024 01:44

Thumbnail 5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Mudik Bersama Keluarga Watermark Ketik
Toyota Avanza. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Salah satu tradisi saat bulan Ramadan yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia adalah mudik. Mudik adalah aktivitas di mana masyarakat berbondong-bondong kembali ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.

Saat mudik ke kampung halaman banyak pilihan alat transportasi yang bisa digunakan, salah satunya dengan mengendarai mobil pribadi.

Ada beberapa pertimbangan, di antara lebih irit ongkos perjalanan hingga lebih leluasa mengatur perjalanan, terutama ketika ingin berkeliling di kampung halaman.

Namun tentu saja memilih mobil untuk digunakan mudik tidak boleh sembarangan. Mobil tersebut harus tangguh dan memiliki kapasitas yang besar untuk mengangkut barang dan anggota keluarga.

Berikut mobil dari sejumlah pabrikan yang cocok untuk mudik bersama keluarga.

1. Toyota Avanza

Dengan kapasitas 7 penumpang dan kabin yang lega, Toyota Avanza merupakan mobil yang cocok digunakan untuk bepergian mudik bersama keluarga. Dengan kapasitas yang besar perjalanan mudik ke kampung halaman akan terasa lebih nyaman.

Selain itu, mobil sejuta umat ini juga memiliki konsumsi BBM yang bisa dibilang cukup irit, yakni 15-18 km per liter, tergantung gaya berkendara dan kondisi lalu lintas.

2. Daihatsu Xenia

Sama dengan saudara kembarnya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia juga merupakan mobil yang sangat cocok untuk digunakan sebagai kendaraan untuk mudik. Hal ini karena mobil LMPV ini memiliki kapasitas kabin yang cukup luas, mobil ini mampu memuat 7 penumpang.

Mobil ini dikenal irit bahan bakar, dimana Daihatsu Xenia dengan kapasitas mesin 1.300 CC dan 1.500 CC bisa menempuh jarak sekira 15-18 km untuk perjalanan jarak jauh tergantung gaya berkendara.

3. Suzuki XL 7

Jika bosan dengan mobil tipe LMPV, mungkin anda bisa mencoba Suzuki XL7. Mobil bertipe SUV ini memiliki mesin berkapasitas 1.462 CC dengan 4 silinder. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 104,7 dK di 6.000 rpm.

Selain itu mobil ini juga diklaim produsen memiliki konsumsi BBM 6,8 liter per 100 km. Walaupun bertipe SUV namun mobil ini memiliki kapasitas kabin yang luas dengan 7 penumpang. 

4. Mitsubishi Xpander

Mobil selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan untuk mudik adalah Mitsubishi Xpander. Mobil bertipe SUV ini suspensi empuk, fitur enterainment lengkap sertai banyak port charging sehingga bisa membuat perjalanan mudik anda terasa lebih nyaman.

Selain itu Xpander juga memiliki kapasitas 7 penumpang dan kabin luas sehingga memudahkan anda untuk membawa banyak barang ke kampung halaman.

5. Honda BR-V

Mobil yang cocok untuk digunakan mudik bersama keluarga selanjutnya adalah Honda BR-V. Mobil berkapasitas 7 penumpang ini memiliki bagasi yang cukup luas sehingga bisa memuat banyak barang ke kampung halaman.

Selain itu mobil ini juga dikenal bertenaga dengan kapasitas mesin sebesar 1.500 cc yang dapat menghasilkan tenaga hingga 118,5 dk dan torsi 145 Nm.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan Kendaraan mudik kapasitas luas LMPV SUV
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1