5 Tips Gaya Hidup Lebih Sehat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

3 Januari 2023 06:00 3 Jan 2023 06:00

Thumbnail 5 Tips Gaya Hidup Lebih Sehat Watermark Ketik
Ilustrasi sarapan Sehat ( foto : pixabay )

KETIK, JAKARTA Tahun 2023 telah dimulai. Tentu banyak dari kita yang sudah membuat resolusi untuk dicapai pada tahun ini. Salah satunya adalah resolusi mengenai kesehatan. Kesehatan itu mahal harganya. Tanpa kesehatan kita akan kesulitan dalam beraktivitas.

Ada banyak cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Salah satunya dengan menjalani program diet yang tepat. Mengutip Healthshots, mungkin kamu bisa mempertimbangkan saran dari Vidhi Chawla, seorang ahli gizi dari Fisico Diet Clinic.

Setidaknya terdapat lima tips diet yang diberikan, agar tubuh kamu lebih sehat di tahun 2023.

1. Mengkonsumsi makanan utuh

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan utuh dan sebisa mungkin menghindari makanan olahan. Makanan utuh seperti kacang kacangan, biji bijian, sayur mayur dan buah buahan memiliki kandungan nutrisi yang kaya dari pada makanan olahan.

Foto ilustrasi buah sehat ( foto : pixabay )Ilustrasi buah sehat ( foto : pixabay )

Makanan olahan sendiri memiliki resiko negatif bagi kesehatan selain karena kandungan nutrisinya yang minim juga mengandung kandungan garam yang tinggi, pengawet dan pemanis buatan.

2. Bijak dalam memilih camilan

Selain mengkonsumsi makanan berat 3 kali sehari tubuh juga memerlukan cemilan disela sela antara waktu makan sebagai tambahan energi. Namun jangan lupa untuk tetap bijak dalam memilih camilan. Dari pada memilih camilan seperti keripik yang mengandung banyak natrium ada baiknya diganti dengan buah potong atau kacang kacangan yang lebih sehat.

3. Batasi konsumsi gula

Mungkin banyak dari kita yang sudah mengetahui jika konsumsi gula berlebih dapat mengakibatkan berbagai penyakit, salah satunya diabetes, hati berlemak, tekanan darah tinggi, peradangan, dan penambahan berat badan.

Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang menggunakan pemanis alami. Ini karena, pemanis alami dinilai memiliki kandungan sukrosa lebih sedikit, dan lebih banyak vitamin serta mineral daripada gula biasa.

4. Jangan pernah meninggalkan sarapan

Sarapan berguna untuk menyiapkan energi sebagai bekal kita beraktivitas sepanjang hari. Melupakan sarapan akan membuat tubuh terasa lemas dan membuat kita makan lebih banyak pada siang hari.

Selain itu sarapan akan membuat metabolisme tubuh berjalan dan membantu pembakaran kalori, serta manfaat lainnya. Mulailah sarapan dengan berbagai makanan yang sehat, seperti telur, smoothie, oat, buah-buahan atau sayuran.

5. Minum cukup air putih

Tubuh kita memerlukan cairan yang cukup untuk menjalankan proses metabolisme tubuh. Saat tubuh kekurnagan air putih maka proses metabolisme pun terganggu yang akan berakibat buruk pada banyak organ tubuh kita. Selain itu air putih juga berguna untuk membuang racun dalam tubuh kita. (*)

Tombol Google News

Tags:

diet sehat gaya hidup buah buahan sayur mayur biji bijian